Survei LSI di Jatim: Prabowo – Gibran Jauh Tinggalkan Ganjar – Mahfud MD dan Anies – Berita Jatim

by
Survei LSI di Jatim: Prabowo - Gibran Jauh Tinggalkan Ganjar - Mahfud MD dan Anies

Pahami.id – Prabowo Subianto tertinggal jauh dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dengan selisih hingga 20 persen pada Pilpres Jatim, berdasarkan hasil survei LSI yang dirilis Jumat (5/1/2024).

LSI yang melakukan survei pada 16 – 28 Desember 2023 menemukan Prabowo dipilih oleh 46,7 persen responden, sedangkan Ganjar di peringkat kedua dengan 26,6 persen dan di peringkat terakhir ada Anies (16,2 persen).

“Jika pemilihan presiden dilaksanakan pada saat survei dilakukan, maka pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan muncul sebagai pemenang,” jelas LSI dalam siaran persnya.

Survei tersebut juga menemukan bahwa mereka yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih besar kemungkinannya untuk memilih pasangan Prabowo – Gibran pada pemilu mendatang.

Hampir 50 persen pemilih yang puas dengan kerja Jokowi mendukung Prabowo – Gibran, sedangkan sisanya terbagi antara Ganjar (28 persen) dan Anies (13 persen).

Selain itu, pemilih Jokowi pada pemilu 2019 juga lebih banyak yang berkumpul di kubu Prabowo. Sekitar 43 persen responden yang mengaku memilih Jokowi pada pemilu lalu kini beralih ke Prabowo.

Sedangkan pemilih Prabowo pada 2019 bertahan sebanyak 66 persen, sekitar 23 persen beralih ke pasangan Anies – Muhaimin dan sisanya 7 persen ke kubu Ganjar – Mahfud MD.

Kesimpulan dari survei ini, jelas LSI, jika data tersebut tidak berubah sesuai hari pemungutan suara 14 Februari, maka pemilu di Jatim setidaknya akan berlangsung dua putaran.

Diperkirakan yang masuk putaran kedua adalah Prabowo – Gibran dan Ganjar – Mahfud, jelas LSI.