Setelah 95 Tahun, Disney Kehilangan Hak Cipta Mickey Mouse – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Disney dan Mickey Mouse adalah dua hal yang seolah tak terpisahkan. Berkat perusahaan ini, orang bisa mengenali banyak karakter kartun termasuk Mickey Mouse.

Namun, setelah 95 tahun, Disney kehilangan hak cipta atas karakter Mickey Mouse. Bukan keseluruhannya, melainkan versi Mickey Mouse di film Steamboat Willie yang muncul pada tahun 1928.

Keputusan Disney untuk tidak lagi memegang hak cipta atas Mickey Mouse dalam film animasi pendek Steamboat Willie akan berlaku mulai 1 Januari 2024. Artinya, karakter tersebut berada dalam domain publik.

Karena Mickey Mouse berada dalam domain publik, orang dapat membuat ulang karakter mouse di film atau media lain tanpa meminta izin.

“Ini dia, ini Mickey Mouse,” kata Jennifer Jenkins, profesor hukum dan Direktur Pusat Studi Domain Publik di Duke Law School, dikutip dari Disney Dining, Rabu (3/1/2024).

Jenkins yang menulis kolom tahunan pada tanggal 1 Januari bertajuk ‘Hari Domain Publik’. Mengatakan bahwa Undang-Undang Perpanjangan Hak Cipta mengizinkan Steamboat Willie untuk tetap berada di bawah kepemilikan Disney sering disebut ‘penyederhanaan’.

Walt Disney

“Hal ini terkadang disebut sebagai Undang-Undang Perlindungan Mickey Mouse,” katanya.

Ucapan Jenkins dinilai masuk akal. Karena bukan hanya Disney yang mendorong perpanjangan, sekelompok pemegang hak juga ikut terlibat.

FYI, saat ini hanya Steamboat Willie versi animasi Mickey Mouse yang ada dalam domain publik. Sedangkan untuk yang modern, hak ciptanya masih dipegang oleh Walt Disney.

“Mickey akan terus memainkan peran penting sebagai duta global Walt Disney,” kata juru bicara Disney kepada Associated Press.

Dalam waktu dekat, Mickey Mouse yang digambarkan dalam film tersebut akan menjadi kapten kapal, bukan sekadar berpetualang. Karena akan ada karakter lain yang juga ada di domain publik.

Pasalnya sudah ada Winnie the Pooh yang pada 1 Januari 2023 akan berada di domain publik. Setelah dua tokoh terkenal ini, prediksi lain datang dari versi Peter Pan: atau Anak Laki-Laki yang Tidak Tumbuh Besar.