Sejumlah Kantor PPK di Bondowoso Rusak, Satu Terbakar Misterius – Berita Jatim

by
Sejumlah Kantor PPK di Bondowoso Rusak, Satu Terbakar Misterius

Pahami.id – Dua kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Bondowoso mengalami kerusakan, yakni di Desa Tegaljati dan Kecamatan Pakem.

Kantor PPS Tegaljati, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso diduga dirusak orang tak dikenal pada Senin (1/1/2024). Peralatan di kantor rusak. Kata-kata kotor tertulis di dinding.

Sholikhul Huda, Komisioner Bawaslu Bondowoso mengatakan, berkas yang ada di kantor PPS juga menjadi sasaran pemusnahan dengan cara diolesi kotoran sapi.

Persediaan barang jadi berantakan, seperti kursi, printer rusak, komputer dan dokumen PPS di kantor berantakan, ujarnya seperti dikutip Suara Indonesia – mitra Pahami.id.

Kerugian tersebut diduga terkait dengan keputusan rekrutmen KPPS. Ada pihak yang tidak puas dengan hasilnya.

Sementara itu, kantor PPS Pakem mengalami kebakaran misterius pada Selasa (2/1/2023). Beberapa perabotan di dalamnya terbakar.

Ada dugaan kebakaran tersebut sengaja dilakukan. Sebab, di jendela rumah terdapat tanda petik.

Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Joko Santoso membenarkan kejadian tersebut. Namun pihaknya mengaku masih menyelidiki kasus tersebut. Benar, kejadiannya dini hari. Untuk saat ini masih kami selidiki, kata AKP Joko Santoso dikutip dari Ketik.co.id–mitra Pahami.id.

Pihaknya mengaku masih memeriksa beberapa saksi seperti petugas PPK. “Kami bersama tim Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) sedang melakukan penyelidikan intensif,” kata Joko.

Sejumlah bukti dan informasi telah dikumpulkan untuk proses penyelidikan. Joko mengatakan, tidak menutup kemungkinan kebakaran kantor PPS yang memanfaatkan kediaman petugas camat ada kaitannya dengan isu politik.

Nanti kawan-kawan jurnalis, pasti saya informasikan perkembangannya. Kami juga berkoordinasi intensif dengan tim Gakkumdu, kata Joko Santoso.