SBY Beri Sinyal Demokrat Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Emil Dardak Lempar Kode – Berita Jatim

by
SBY Beri Sinyal Demokrat Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Emil Dardak Lempar Kode

Pahami.id – Ketua Dewan Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisyaratkan dukungannya terhadap partai pengusung bintang belas kasihan pada Pilgub Jatim 2024 itu.

Ia menyatakan partainya akan kembali mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur pada pilkada tahun depan.

“Demokrat memutuskan untuk mencalonkan Ibu Khofifah sebagai calon gubernur,” kata SBY saat ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jumat (12/8/2023).

Pernyataan SBY yang akan kembali mencalonkan Khofifah tentu membuka peluang bagi Emil Dardak untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur.

Emil Dardak merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu, Emil Dardak belum memberikan jawaban pasti saat ditanya apakah dirinya akan maju dalam Pilgub 2024.

Kata kuncinya dari Demokrat, terkait dengan apa yang disampaikan Pak SBY, memutuskan untuk mencalonkan kembali Bu Khofifah. Itu keterangan resmi dari Ketua Dewan Tinggi Partai yang berkuasa, kata Emil, dikutip dari Beritajatim.com–rekan media Pahami.id.

Mantan Bupati Trenggalek itu melontarkan kode minta restu saat ditanya soal Pilgub Jatim. “Logikanya terlihat jelas. Dan mohon restunya,” ujarnya.

Partai Demokrat bersama Partai Golkar, PAN, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Hanura termasuk di antara pendukung Khofifah-Emil Dardak pada Pilgub 2019.

PAN sudah memberikan surat rekomendasi untuk mencalonkan Khofifah pada Pilgub 2024. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan surat rekomendasi kepada Khofifah di luar unifikasi caleg.

Namun rekomendasi tersebut hanya diberikan kepada Khofifah. Sementara untuk calon wakil gubernur, PAN akan menyiapkan kadernya.

Khofifah sendiri sudah menyatakan akan kembali mencalonkan diri pada Pilgub Jatim 2024 saat menghadiri acara PW Muslimat NU Jatim di Surabaya, Kamis (7/12/2023).

Mantan Menteri Sosial ini juga meminta doa restu kepada ibu-ibu muslim yang hadir. Khofifah adalah Ketua PP Muslimat NU.