Satu Tatap Lawan Bicara, Lainnya Senyum-senyum – Berita Jatim

by
Satu Tatap Lawan Bicara, Lainnya Senyum-senyum

Pahami.id – Perdebatan sengit terjadi pada debat ketiga Pilpres 2024 yang berlangsung di Istora Senayan, Minggu (7/1). Ketiga pasangan calon saling bertukar argumen terkait masalah pertahanan dan hubungan luar negeri Indonesia.

Dari perdebatan sengit yang terjadi, ada yang menarik dari gestur yang ditunjukkan ketiga calon presiden tersebut, khususnya paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Pada debat ketiga, keduanya justru saling adu mulut. Menariknya, jika melihat kelakuan Anies dan Prabowo terlihat sangat berbeda.

Anies misalnya, saat Prabowo berargumen atau memberi jawaban, memilih menatap ke arah kamera. Alih-alih menatap Prabowo, pasangan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 itu terkadang tersenyum ke arah kamera.

Sikap itu terlihat saat Prabowo menanggapi pernyataan Anies yang menyinggung standar etika pemimpin dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan negara, bahkan menyinggung soal insider di beberapa proyek Kementerian Pertahanan.

Menariknya, saat ditanya soal etika Prabowo, ia tampak menyandarkan wajahnya di podium Anies dan melihat temannya berdebat.

Tapi kenyataannya Pak, saat memimpin Kementerian Pertahanan, banyak orang yang terlibat dalam pengadaan alutsista, kata Anies Baswedan.

Prabowo tertangkap kamera tersenyum kecil saat Anies menyebut beberapa perusahaan yang dianggap orang dalam di Kementerian Pertahanan, seperti PT Teknologi Military Indonesia (TMI).

Prabowo pun menaruh perhatian saat Anies menyebut cawapres Gibran Rakabuming Raka yang dinilainya melanggar etika.

Artinya ada kompromi standar etika, kata Anies.

Anies justru menunjukkan hal berbeda saat Prabowo menjawab persoalan etika.

Anies tertangkap kamera hanya fokus menatap kamera dan tersenyum saat Prabowo berbicara.

“Yang mana masalahnya, Anda bicara etika, saya keberatan,” kata Prabowo sambil menunjuk ke arah podium Anies.

“Saya minta maaf karena menolak saya, jujur ​​saja, menurut saya tidak pantas kalau bicara soal etika. Itu saja,” kata Prabowo yang disambut sorak-sorai pendukungnya di Istora, sementara Anies terlihat melihat ke arah kamera dan tersenyum.

“Saya kira pengorbanan bapak ini membingungkan. Saya boleh kasih pendapat kan? Menurut saya bapak tidak berhak bicara soal etika karena sudah memberikan contoh yang buruk soal etika,” kata Prabowo.

Mengutip dari beberapa sumber, beberapa tata krama yang harus diikuti saat berkomunikasi, salah satunya adalah dengan memandang lawan bicara. Selain itu, Anda juga sebaiknya menjaga postur tubuh agar menunjukkan kesopanan.

Menatap lawan bicara saat berkomunikasi, apalagi saat berdebat, merupakan bahasa nonverbal yang menunjukkan bahwa Anda sedang mendengarkan lawan bicara. Dan lebih dari itu, kontak mata juga menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan isi pembicaraan lawan bicara.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Albert Mehrabian dari University of California, Los Angeles menjelaskan bahwa dalam komunikasi pengaruh terbesar setiap komponennya adalah bahasa tubuh (55%); intonasi suara (38%); kata-kata (7%).

Maksud dari hasil penelitian menurut Dr. Erry Ricardo Nurzal seperti dikutip dari kemdikbud.go.id adalah ketika terjadi kurangnya koordinasi dalam komunikasi, maka yang diyakini adalah faktor yang persentasenya lebih besar.