Safari Ramadan di Gresik, Khofifah Bersama Baznas Jatim Santuni 1.000 Anak Yatim – Berita Jatim

by
Safari Ramadan di Gresik, Khofifah Bersama Baznas Jatim Santuni 1.000 Anak Yatim

Pahami.id – Gubernur Jawa Timur (Jawa Timur), Khofifah Indar Parawansa memulai rangkaian Safari Ramadhan 1444 Hijriah bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur dengan menyerahkan santunan kepada 1.000 anak yatim piatu.

Penyaluran santunan dilakukan di Forum Ekspresi Pusponegoro (WEP) di Kab. Gresik, Minggu (26/3/2023) dengan tema Baznas Berbagi Kebahagiaan. Santunan yang diberikan berupa uang senilai Rp 150.000 dan tas sekolah.

“Assalamu’alaikum. Semoga yang menjawab dengan semangat menjadi anak yang sholeh. Semoga yang menjawab dengan cepat bisa masuk ke sekolah tertinggi dan berkah ilmunya,” ujar Khofifah.

“Yang mau jadi gubernur angkat tangan, semoga diterima Tuhan. Yang mau jadi bupati bisa angkat tangan. Yang mau jadi TNI, polisi, ulama, insyaallah diterima Tuhan. Amin,” lanjut Khofifah.

Selain santunan, mantan Menteri Sosial RI bersama Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani, menyerahkan bantuan usaha berupa karavan kepada sembilan pedagang kaki lima di Gresik. Selain itu, Khofifah juga memberikan bantuan Rp 1 juta kepada Muniati, seorang pengusaha mikro asal Desa Banjarsari, Cerme. Khofifah berharap bantuan ini bisa mempercepat usahanya.

“Semoga rezeki melimpah, halalan thoyyiban mubarokah. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, kata Khofifah, Kabupaten Gresik menjadi tujuan pertama Safari Ramadhan Pemprov bersama Baznas Jatim.

“8.000 anak yatim akan kita sambut di 8 titik. Untuk program Ceria Ramadhan kali ini, yang bisa membangun kebahagian anak yatim dan dhuafa di bumi akan dibahagiakan oleh yang di surga,” jelasnya.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini menjelaskan, selama ini banyak program yang dilakukan Baznas Jatim. Termasuk Zakat Produktif di 38 kabupaten/kota, Rumah Layak Huni (Rutilahu) di banyak tempat, Satu Keluarga Satu Sarjana, serta beasiswa untuk SD/MI, SMP/Tsanawiyah, SMA/SMK/Aliyah.

Oleh karena itu, beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi Baznas Jatim dan kabupaten/kota dalam membangun Jatim yang lebih baik.

“Semoga Allah menerimanya. Dan semoga Allah mempertemukan kita dengan Lailatul Qadr. Doakan agar negara Indonesia, Jawa Timur dan Yunani selamat, selamat, barokah, Aamiin,” pungkasnya.

Gresik sendiri merupakan kabupaten yang membanggakan prestasi di bidang zakat. Ingat, pada 21 Maret 2023, Baznas Gresik mendapatkan tiga penghargaan dalam Baznas Awards RI 2023.

Penghargaan tersebut meliputi Baznas dengan Manajemen Sumber Daya Manusia terbaik, Sistem Manajemen Informasi Kerjasama Tim Baznas (SIMBA) terbaik, dan kabupaten dengan infrastruktur terbaik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, prestasi yang diraih Baznas Gresik merupakan prestasi bersama. Mengingat, penghargaan yang diterima Gresik merupakan hasil kedermawanan masyarakat untuk berdonasi dan bersedekah.

“Ini semua adalah zakat dari masyarakat desa. Prestasi yang diterima merupakan prestasi seluruh OPD yang ada di Kabupaten Gresik. Ini juga merupakan hadiah untuk Bapak Baznas Gresik yang mengelolanya,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap agar infaq, sedekah, dan zakat yang dikeluarkan oleh seluruh warga Gresik dapat bermanfaat bagi semua orang. Apalagi dengan berkah ramadhan kali ini.

“Jangan sampai kita membandingkan bulan Ramadan dengan bulan-bulan lainnya. Sayang sekali jika kita berpikiran seperti itu karena selama Ramadan semuanya magis. Jadi kita berharap semua doa kita dikabulkan Tuhan,” pungkasnya. .