Relawan KIP Prabowo-Gibran Sebut Indonesia Harus Bisa Mandiri – Berita Jatim

by
Relawan KIP Prabowo-Gibran Sebut Indonesia Harus Bisa Mandiri

Pahami.id – Relawan Komite Pemenang Independen (KIP) Prabowo-Gibran mengatakan calon presiden (capres) yang mereka dukung berkomitmen mewujudkan kemandirian negara.

Menurut Penasihat Relawan KIP Prabowo-Gibran, Fandi Utomo penting bagi negara ini untuk merdeka. Salah satunya melalui swasembada pangan, energi, air, dan ekonomi kreatif.

Beberapa hal yang akan dilakukan Calon Presiden Prabowo untuk memenuhinya, seperti memulihkan dan mengembangkan hutan rusak yang bisa dijadikan lahan produktif. Caranya dengan menanam kelapa sawit, singkong, ubi jalar, sagu, millet, kelapa dan bahan baku bioetanol lainnya melalui sistem tumpang sari.

Fandi yakin, jika hal ini dilakukan, tidak hanya menjamin ketahanan pangan, tetapi juga dapat menciptakan kedaulatan energi nasional dan lapangan kerja.

“Menghidupkan kembali jutaan hektar lahan rusak menjadi lahan produktif untuk meningkatkan produksi pangan guna mendukung kemandirian dan ketahanan pangan negara,” ujarnya, Senin (20/11/2023).

Hal lain yang bisa dilakukan adalah memulihkan hutan yang rusak dengan hutan alam, hutan tanaman industri (HTI), dan hutan produksi. Diharapkan cara ini dapat digunakan oleh masyarakat.

“Modernisasi model bisnis pertanian, sistem tata niaga agribisnis, dan sistem pemasaran sektor pertanian melalui inovasi teknologi,” ujarnya.

Ia meyakini, peningkatan sentra produksi pangan atau program pertanian pangan berkelanjutan seperti penanaman padi, jagung, singkong, kedelai, dan tebu dapat membantu mendukung kemandirian.

Namun keadaan tersebut tidak dapat terwujud jika perusakan, pencemaran dan pembakaran hutan tidak dapat dicegah.

“Melindungi keanekaragaman hayati flora dan fauna berbasis kearifan lokal sebagai bagian dari aset nasional,” jelasnya.