Pahami.id – Guna meningkatkan pertumbuhan bisnis, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI terus menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai sektor usaha, salah satunya PT World Innovative Telecommunication yang merupakan distributor tunggal merek ponsel OPPO di Indonesia. Kerjasama tersebut bertujuan untuk memberikan layanan keuangan terbaik termasuk untuk bisnis penjualan smartphone di Indonesia yang merupakan salah satu hal penting dalam mendukung ekonomi digital saat ini.
Peresmian kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Institutional and Wholesale Business BRI Agus Noorsanto dan Direktur World Innovative Telecommunications PT Wang Shuchen di Jakarta, 17 Januari 2023. Selain itu, pada kesempatan yang sama, Penandatanganan Perjanjian Kerja untuk Reksa Dana dan solusi digital untuk lebih dari 20 ribu dealer OPPO di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini melibatkan berbagai layanan perbankan yang disediakan BRI untuk OPPO Indonesia dan seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem bisnisnya.
Direktur Bisnis Institusional dan Wholesale BRI Agus Noorsanto mengatakan, kerjasama ini akan membantu OPPO Indonesia dan para distributornya mengakses layanan perbankan mulai dari pembiayaan hingga transaksi pembayaran (close loop ecosystem). “Semua pengelolaan transaksi keuangan akan diimplementasikan dengan mudah melalui platform Qlola by BRI,” ujarnya.
Seperti diketahui, Qlola merupakan solusi keuangan digital bagi perusahaan yang terintegrasi dengan one sign on seperti Financial Dashboard, Cash Management, Supply Chain Management, forex yang juga dilengkapi dengan fungsi multi bahasa salah satunya bahasa mandarin sehingga akan sangat membantu koordinasi internal Oppo dengan kantor pusatnya. Selain itu, BRI juga menyediakan layanan penggunaan mesin EDC & QRIS di distributor yang memfasilitasi pembayaran cashless.
Sementara itu, Direktur PT World Innovative Telecommunications Wang Shuchen mengatakan kerjasama antara OPPO Indonesia dan BRI diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan perusahaan. “BRI merupakan bank nasional yang memiliki jaringan luas yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok di Indonesia. OPPO Indonesia juga telah melayani pelanggan di seluruh Indonesia. OPPO sendiri masuk ke Indonesia sejak Maret 2013 dan saat ini OPPO menempati urutan pertama untuk pasar smartphone di Indonesia (market leader),” ujarnya. Hal ini sesuai dengan pasar OPPO di Indonesia yang memiliki berbagai dealer dari kota besar hingga pelosok kota.
Dengan kerjasama ini diharapkan dapat membantu percepatan perkembangan teknologi di era digital sehingga seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat mengakses informasi dan internet. Melalui pengalaman BRI dalam menyalurkan kredit dari usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah hingga segmen korporasi yang didukung jaringan yang sangat luas, keduanya optimis dapat meningkatkan literasi digital di Indonesia.