Pencabutan Izin Band TKoes Nyanyikan Lagu Koes Plus Sudah Disetujui Yok Koeswoyo – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Keputusan anak anggota Koes Plus yang mencabut izin grup T’Koes untuk menyanyikan karya ayahnya menimbulkan kontroversi. Mereka bahkan dituding iri dengan kesuksesan T’Koes lewat karya Koes Plus.

Ada yang bilang, ‘wah, anak Koes Plus’ iri karena kurang terkenal, kata putri Yok Koeswoyo, Sari Koeswoyo saat menggelar jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Profil Band T’Koes (Instagram/@tkoes_ig)

Hanya saja, anak-anak staf Koes Plus tak memperdulikan hal itu. Mereka terlalu lama membiarkan T’Koes bertingkah seperti grup yang lebih besar dari Koes Plus.

“Kami merahasiakan hal ini selama bertahun-tahun,” kata putra Yon Koeswoyo, David Koeswoyo, yang juga hadir dalam konferensi pers.

Anak-anak personel Koes Plus pun sudah mengantongi izin Yok Koeswoyo untuk mencabut izin T’Koes membawakan lagu-lagu band legendaris era 70an itu.

Nomo Koeswoyo (kiri) dan Yok Koeswoyo. [Antara]
Nomo Koeswoyo (kiri) dan Yok Koeswoyo. [Antara]

“Kami tidak langsung melakukannya. Kami pun berdiskusi dengannya orang yang terakhir bertahan-“Koes Plus bapak saya Yok Koeswoyo untuk berdiskusi bagaimana keadaannya,” jelas Sari Koeswoyo yang merupakan mantan penyanyi cilik.

“Jadi bukan berarti dia tidak dengar dan tidak tahu. Ujung-ujungnya dia juga bilang, ‘Iya saya paham dengan sikap bapak. Silakan lanjutkan dan lakukan sesuai hukum yang berlaku,'” sambung Sari.

Sebelumnya diberitakan, anak personel Koes Plus mengumumkan larangan band T’Koes kembali menampilkan karya Koes Plus pada Jumat (22/9/2023). Masalah etika dan perpecahan di kalangan penggemar disebut-sebut menjadi pemicu utama larangan tersebut.

Band T’Koes sendiri menanggapi larangan anak-anak staf Koes Plus membawakan karya ayahnya. Dalam sesi jumpa pers di kawasan Ampera, Jakarta, Selasa (26/9/2023), staf T’Koes menghormati permintaan tersebut dan berjanji tidak akan lagi menyanyikan karya-karya Koes Plus di kemudian hari.

Saat ini permasalahan antara anak staf Koes Plus dan grup T’Koes sudah terselesaikan. Mereka juga mengingatkan kepada band-band lain yang melestarikan kiprah Koes Plus untuk menjaga etika dan tidak merasa lebih besar dari idolanya.