Masyarakat Bisa Temukan Motor Hilang, Ini Kegunaan Aplikasi Ilmu Semeru dari Polres Tuban – Berita Jatim

by

Pahami.id – Polres Tuban, Polda Jawa Timur resmi memperkenalkan aplikasi bernama Ilmu Semeru. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak data dan menemukan sepeda motor yang hilang bagi masyarakat Jawa Timur.

Berdasarkan informasi polisi, aplikasi ‘Ilmu Semeru’ memiliki arti ‘Kumpulan Ilang’. Ini merupakan inovasi terbaru Polda Jatim yang mampu terhubung dengan seluruh stasiun di wilayah Jatim. Pengguna smartphone Android dapat mendownload aplikasi Ilmu Semeru melalui PlayStore. Ukuran aplikasinya sangat kecil, hanya 6,8 MB saat pertama kali diinstal.

Masyarakat dapat melaporkan kasus sepeda motor hilang di aplikasi ini. Mereka juga bisa mencari bukti-bukti yang dikumpulkan polisi. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk melacak apakah sepeda motornya yang hilang sudah ditemukan atau belum.

Dalam pelaporan melalui aplikasi “Ilmu Semeru” prosesnya cukup sederhana dengan melakukan registrasi akun dan mengisi data kendaraan sesuai format yang tersedia di aplikasi.

Pengguna hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang ingin dicarinya, dan jika kendaraan tersebut telah ditemukan oleh polisi, maka akan ditampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan tersebut beserta informasi kontak yang dapat dihubungi.

Polres Tuban memperkenalkan aplikasi Ilmu Semeru untuk mencari sepeda motor yang hilang.  (Humas Polres Tuban)
Polres Tuban memperkenalkan aplikasi Ilmu Semeru untuk mencari sepeda motor yang hilang. (Humas Polres Tuban)

Kapolres Tuban AKBP Suryono, SH, SIK, MH melalui Kasat Tahti Iptu Imam Sarno mengatakan, aplikasi tersebut memberikan informasi dan lokasi barang bukti berupa kendaraan bermotor yang berhasil disita polisi se-Polda Jatim. daerah. Aplikasi ini dapat diakses oleh semua orang yang merasa kehilangan kendaraan bermotornya.

Jika polisi sudah mengamankannya, Anda bisa langsung mengetahui polsek atau polsek mana yang dijaga kendaraannya,” kata Imam Sarno pada Rabu (27/09/2023), dikutip dari Tribata News dan situs resmi Pemkab Tuban.

Di tempat yang sama, Kapolsek AKP Kadek Aditya Yasa Putra, SIK, MH, M.Si., menjelaskan, jika kendaraan yang hilang tersebut didaftarkan dengan benar, datanya pasti akan ditampilkan di aplikasi.

Aplikasi ini sangat bagus, silakan bagikan kepada orang-orang,” pesan Kadek kepada seluruh anggotanya. Dalam kesempatan itu, Kabag Lalu Lintas juga menyerahkan barang bukti kendaraan bermotor kepada masyarakat yang melaporkan kehilangannya dan menyatakannya sesuai data di aplikasi Ilmu Semeru.

Hari ini kami serahkan secara simbolis kepada pemiliknya dengan catatan harus menunjukkan dokumen aslinya,kata Kadek.