Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabut, Poppy Capella Bantah Terlibat – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemilik lisensi global, yakni organisasi Miss Universe (MUO) secara resmi mencabut kerja samanya dengan PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella.

PT Capella Swastika, merupakan penyelenggara Miss Universe di tahun 2023. Namun acaranya diwarnai dengan kabar skandal pelecehan seksual yang dialami para finalisnya.

Merasa dirugikan, para finalis pun angkat bicara mengenai pelanggaran berupa foto bugil yang dilakukan pihak penyelenggara.

Lantas seperti apa kronologi lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut? Berikut ulasannya.

1. PT Capella Swastika Karya, tidak sampai satu tahun memegang lisensi Miss Universe Indonesia dari MUO. Selama ini lisensi tersebut dipegang oleh Yayasan Putri Indonesia (YPI).

Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabut (Instagram/missuniverse_id)

2. Perusahaan milik Poppy Capella merilis pernyataan yang menyebut bahwa perusahaan miliknya resmi menjalin kerja sama dengan MUO sejak Febuari lalu. Atas pengumuman tersebut, perusahaan Poppy berhak mengirim perwakilan ke Miss Universe Global untuk mengikuti kontes kecantikan sejagat.

Kronologi Dugaan Pelecehan Seksual Finalis Miss Universe Indonesia  (Instagram/@missuniverse_id)
Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabut (Instagram/@missuniverse_id)

3. Kabar ini tentu membuat geger pihak Yayasan Putri Indonesia (YPI). Mereka mengaku kecewa dengan bidding lisensi yang dilakukan MUO kala itu. Sebab YPI hanya diberi tenggat waktu 3 hari untuk kerja sama yang baru. YPI juga merasa proses peralihan lisensi itu tidak transparan. Ada dugaan terdapat faktor lain yang membuat lisensi itu berpindah tangan.

Finalis Miss Universe Indonesia 2023 [Instagram/@panca_m]
Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabut [Instagram/@panca_m]

4. Atas keputusan tersebut, PT Capella Swastika Karya, langsung menyelenggarakan kontes kecantikan yang bisa diikuti semua perempuan Indonesia. Acara itu berhasil menjaring 30 wanita dari berbagai daerah asal Indonesia. Grand Final digelar cukup mewah di Beach City International Stadium, Ancol pada 3 Agustus lalu. Saat itu, Fabienne Nicole dinobatkan sebagai pemenang kontes tersebut.

Kronologi Dugaan Pelecehan Seksual Finalis Miss Universe Indonesia  (Instagram/@missuniverse_id)
Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabuti (Instagram/@missuniverse_id)

5. Namun di balik kesuksesan acara tersebut Kemenangan Fabienne disebut hasil nepotisme. Tak berhenti di situ, dugaan pelecehan seksual juga mencuat, bahkan salah satu finalis melaporkan kejadian itu ke kepolisian.

Kronologi Dugaan Pelecehan Seksual Finalis Miss Universe Indonesia  (Instagram/@missuniverse_id)
Kronologi Lisensi Miss Universe Indonesia 2023 Resmi Dicabut (Instagram/@missuniverse_id)

6. Sejumlah petinggi organisasi baru itu, seperti Rio Motret hingga Elden Wang pun memilih mengundurkan diri. Setelah muncul kabar pelecehan seksual yang terjadi saat proses body checking kontestan Miss Universe Indonesia.