Kocak, Momen Rombongan Simulasi Manasik Haji Keliling Ka’bah Naik Odong-odong – Berita Jatim

by
Kocak, Momen Rombongan Simulasi Manasik Haji Keliling Ka'bah Naik Odong-odong

Pahami.id – Sebuah video yang memperlihatkan momen simulasi haji tersebar di media sosial. Lucunya, saat menjalankan simulasi Tawaf tidak dilakukan dengan berjalan kaki melainkan bolak-balik.

Seperti diketahui, sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, calon jamaah haji terlebih dahulu melakukan simulasi ibadah haji sesuai dengan rukunnya atau yang biasa disebut dengan haji. Dan salah satu rukun haji yang wajib diikuti adalah Tawaf.

Dalam praktiknya, tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali sambil membaca doa-doa tertentu. Ibadah tawaf dilakukan sebagai pembukaan dan penutupan ibadah di Masjidil Haram.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @inijawatimur, rombongan terlihat menaiki becak mengelilingi Candi buatan tersebut selama beberapa putaran.

Dalam video berdurasi 29 detik tersebut, tampak gerobak melaju dengan kecepatan relatif cepat. Bahkan saat berbelok, Anda masih bisa melihat bagian yang miring.

Hewan-hewan itu terlihat mengelilingi Pura dalam beberapa lingkaran.

Melihat momen itu, banyak netizen yang dibuat tertawa. Namun, ada juga yang menganggap hal tersebut justru mengajarkan sesuatu yang tidak benar.

“Yah, baguslah, kamu bisa naik mobil,” kata Uzlif***

“Keren banget, aku ketawa terbahak-bahak,” kata Fitri***

“Itu tidak benar, lama kelamaan konsep haji yang benar akan hilang,” komentar Susnie***

“Yang asli mengajarkan kesalahan sejak kecil,” imbuh id***

“Biar gak capek min,” kata m.muk***

Kontributor: Fisca Tanjung