Jatim 3 Tahun Berturut-Turut Juara Umum Lomba Wana Lestari Nasional – Berita Jatim

by
Jatim 3 Tahun Berturut-Turut Juara Umum Lomba Wana Lestari Nasional

Pahami.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim kembali meraih juara umum dalam Kontes Hutan Lestari Nasional 2023. Prestasi tersebut menjadikan Jatim sebagai juara umum selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh Kepala Dinas Kehutanan Jatim di Auditorium Dr. Toko Soedjarwo Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa, (15/8/2023).

Khofifah menuturkan, penghargaan ini merupakan apresiasi sekaligus bukti nyata upaya pelestarian alam yang dilakukan para rimbawan di Jawa Timur. Sekaligus merupakan bentuk komitmen bersama untuk menyeimbangkan daya dukung alam serta lingkungan dan kehutanan.

“Pencapaian ini menjadi tulang punggung semangat untuk terus menyeimbangkan daya dukung alam dan lingkungan hidup serta kehutanan di Jatim,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, upaya melestarikan alam dan daya dukung alam juga sejalan dengan upaya mewariskan manfaat lingkungan dan hutan yang baik kepada generasi mendatang. Selain itu, juga merupakan bagian dari melestarikan flora dan fauna di sekitarnya.

“Ketika hutan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, lingkungan dan kelestarian hutan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Khusus untuk para pekerja pembangunan kehutanan, baik perorangan, kelompok maupun PNS, Khofifah menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas upaya nyata yang telah dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

“Mudah-mudahan ini menjadi pemacu semangat para rimbawan lainnya untuk terus berupaya menjaga dampak terhadap masyarakat dan lingkungan serta hutan itu sendiri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara tahunan ini merupakan salah satu metode penyuluhan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan setiap bulan Agustus menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI. Dengan menunjuk individu, kelompok atau pejabat pemerintah yang unggul dalam pemberdayaan dan perubahan perilaku masyarakat dalam pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme evaluasi tertentu.

Dalam ajang ini, Jatim mengirimkan peserta untuk 5 kategori lomba. Untuk Kategori Penyuluhan Kehutanan PNS, Kategori Kelompok Tani Hutan, Kategori Perluasan Hutan Non Pemerintah, Kategori Kelompok Pencinta Alam dan Kategori Kader Pelestari Alam.

Dari 5 kategori tersebut, perwakilan Jawa Timur berhasil meraih 3 peringkat terbaik I, yaitu KTH Wonosantri Abadi untuk kategori Kelompok Tani Hutan (KTH), Nur Tajiaturrohmah untuk kategori Penyuluh Hutan Kemasyarakatan (PKSM) dan Yayasan Komunitas Ficus Indonesia untuk kategori Penyuluh Hutan Kemasyarakatan (PKSM). Kategori Kelompok Pecinta Alam (KPA). . . Sedangkan Lia Putrinda Anggawa Mukti untuk kategori Kader Pelestarian Alam (KKA) mendapatkan predikat Terbaik II dan Wiwin Yuliari untuk kategori PNS Penyuluh Kehutanan (PNS PK) mendapatkan predikat Terbaik III.