Hilang di Pulau Sempu Malang, Mahasiswa IPB Galang Edhi Swasono Ditemukan Meninggal Oleh Nelayan – Berita Jatim

by
Hilang di Pulau Sempu Malang, Mahasiswa IPB Galang Edhi Swasono Ditemukan Meninggal Oleh Nelayan

Pahami.id – Galang Edhi Swasono (20), mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang hilang di Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditemukan tewas.

Kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari seorang nelayan yang menemukan mayat di Teluk Ante, perairan Pulau Sempu sekitar pukul 07.30 WIB.

“Proses transfernya berjalan lancar. Sekitar pukul 07.50 WIB jenazah dipindahkan ke Pantai Sendangbiru dari lokasi penemuan, kata Hariyadi.

Hariyadi menjelaskan, usai dilakukan evakuasi menuju kawasan Pantai Sendangbiru, jenazah korban dibawa ke Rumah Sakit Daerah (RSUD) Syaiful Anwar Kota Malang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut oleh petugas yang berwenang sebelum dibawa pulang oleh pihak keluarga.

Menurutnya, dalam proses pencarian korban yang dilaporkan hilang sejak 28 Desember 2023, tim SAR gabungan telah melakukan pencarian di perairan laut sekitar Pulau Sempu menggunakan perahu jukung Basarnas dan juga perahu nelayan setempat.

Pada saat yang sama, lanjutnya, tim pencari darat sedang melakukan pencarian di sekitar Tasik Lele di Pulau Sempu. Tim yang melakukan pencarian darat juga menyebarkan informasi mengenai korban hilang kepada nelayan aktif di sekitar Pulau Sempu.

Tujuan sosialisasi ini adalah agar apabila ada nelayan yang mengetahui keberadaan korban, diharapkan segera memberikan bantuan evakuasi atau melaporkan lokasi korban kepada petugas yang melakukan pencarian, ujarnya.

Sebelum dilaporkan hilang, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Galang Edhi Swasono menulis pesan mengharukan di akun Instagram pribadinya.

Sebagai informasi, Galang Edhi Swasono dilaporkan hilang di Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur. Ia menulis pesan di Instagramnya tentang Kajian Pelestarian Lingkungan Hidup (SURILI) tahun 2023.

“Masa depan benar-benar abu, tak ada yang tahu bagaimana akhirnya. Tapi apakah kamu akan terus menunggu? Menemani keraguan yang pasti tak mempedulikanmu? Ataukah kamu akan mengambil langkah, lihat bagaimana rasa percaya diri membuatmu mandiri. Mimpi yang sudah lama dinantikan ,” tulisnya di akun Instagram pribadinya, Jumat (29/12/2023).

Galang pun siap menyusul SURILI dengan wilayah baru untuk dijelajahi.

“Saya Galang Edhi Swasono dari Kelompok Pengamat Herpetofauna, siap mengikuti SURILI 2023 dengan sepenuh hati dan berkontribusi dalam upaya konservasi di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, beberapa rekannya juga terlihat memberikan dukungan untuk memastikan Galang tetap aman. “Bismilla.. mas galang semoga selamat,” kata akun warganet.