Hari Jadi Ke-78 Pemprov Jatim, Ribuan Masyarakat Antusias Ikut Jalan Sehat dan Pasar Murah di Bakorwil Malang – Berita Jatim

by
Hari Jadi Ke-78 Pemprov Jatim, Ribuan Masyarakat Antusias Ikut Jalan Sehat dan Pasar Murah di Bakorwil Malang

Pahami.id – Dalam rangka HUT Pemerintahan Provinsi Jawa Timur ke 78, dilaksanakan jalan sehat bersama Gubernur Jatim dan pasar murah di Bakorwil Malang.

Sebelumnya, jalan sehat ini digelar di empat Bakorwil se-Jatim. Mulai dari Bojonegoro, Madiun, Jember dan Pamekasan. Seperti poin sebelumnya, acara jalan sehat ini juga dimeriahkan dengan pasar murah yang juga disambut baik oleh masyarakat.

“Sabtu kemarin kita di Bojonegoro dan Sabtu hari ini jadi titik pamungkasnya. Memang HUT kita rayakan dengan menggelar jalan sehat dan pasar murah di 5 kantor koordinasi daerah se-Jatim,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. .

Dalam perjalanan sehat ini, para peserta diajak menempuh rute sejauh 3,7 km. Dimulai dari Bakorwil Malang, peserta akan melewati start di Jl. Simpang Ijen (Kantor Depan Bakorwil Malang – Jl. Gede – Jl. Retawu – Jl. Rinjani – Jl. Besar Ijen – Selesai Jl. Simpang Ijen (Kantor Depan Bakorwil Malang.

Sembari menurunkan peserta, kepada seluruh warga Malang Raya yang hadir, Gubernur Khofifah mendoakan semoga semuanya mendapat karunia kesehatan dan keberkahan dari Allah SWT. “Semoga Allah SWT menjaga kesehatan kita semua, semoga sekolah kita lancar. Semoga yang bekerja diberikan pekerjaan yang terbaik, dan yang sedang mencari jodoh segera dipertemukan dengan jodoh yang baik bagi diri dan keluarganya. “Dengan mengucap Basmallah, kami resmi memulai dan berangkat jalan sehat dalam rangka HUT Pemprov Jatim ke-78,” kata Khofifah seraya mengibarkan bendera tanda dimulainya langkah sehat.

Tak hanya memberangkatkan peserta, Gubernur Khofifah juga ikut bersama ribuan masyarakat dan menyusuri jalur yang telah disiapkan. Sepanjang perjalanan, ia pun tampak senang dan antusias menyapa dan menghibur satu per satu orang yang meminta selfie.

“Jangan lupa nantikan pengundian Door Prizenya. Banyak hadiah yang menanti. Saya doakan yang terbaik untuk kalian semua,” ucapnya.

Pada jalan sehat kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memberikan berbagai doorprize menarik. Diantaranya, 1 Unit Sepeda Motor, 2 Unit Smart TV, 3 Unit Smartphone, 7 Unit Smart Watch, 2 Unit MI Sound Bar, 7 Unit Redmi Buds 4 Lite dan Jete TWS, 4 Unit Powerbank, 2 Unit Redmi Smart Band, 6 Unit Kaca Pembesar Voice, 3 Unit Headphone Olike, 4 Unit Kipas Angin, 15 Voucher Indomaret, dan masih banyak lagi.

Temui Komunitas dan Kunjungi Pasar Murah

Usai mengikuti kegiatan jalan sehat, Gubernur Khofifah juga mengunjungi Pasar Murah yang juga digelar di kantor Bakorwil Malang. Dalam praktiknya, pasar ini menjual sebagian bahan pokok di bawah harga pasar. Secara khusus, Gubernur Khofifah mengatakan, pelaksanaan pasar murah di Malang merupakan poin ke-46. Pasar murah ini diadakan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menyediakan kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

“Pasar murah ini sudah kami mulai sejak 1 September, ini upaya kami mendekatkan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, produksi padi dan beras di Jatim dijamin surplus. Dikatakannya, pada September 2022 hingga September 2023, Jatim mengalami surplus beras sekitar 9,23 persen. Namun harga saat masuk ke pabrik sudah di atas Harga Pokok Pemerintah (HPP). Hal ini menyebabkan harga produk akhir menjadi tinggi.

“Seminggu lalu saya ke Tuban, saya lihat di sana panen Gabah Kering (GKP) sudah lebih tinggi dari HPP. Terus pas masuk pabriknya pasti naik. Di sana, harganya bahkan mencapai Rp. 7.700/kg,” ujarnya. Melihat itu, Khofifah memastikan harga beras medium yang didistribusi di Jatim paling murah se-Pulau Jawa. Saat ini HET beras medium di Jatim sebesar Rp. 10.900.

Artinya menguasai semua lini, bergerak bersama tim Bulog untuk menembus harga beras di pasar. Kalau dijual di pasar murah pasti di bawah HET, jelasnya rinci. Komoditi yang dijual pada Murah Pasaran kali ini adalah Beras sederhana dijual Rp 10.200/kg, Minyakita dijual Rp 13.000/liter, Gula Pasir dijual Rp 14.000/kg, Telur Ayam Murni dijual Rp 23.000/kg.

Sedangkan rata-rata harga bahan pokok di Kota Malang saat ini per 10 November 2023 adalah beras sederhana Rp. 11.450/kg, Minyak Goreng Minyakita Rp. 14.917/liter, Gula Rp. 15.500/kg, dan telur ayam ras Rp. 25.667/kg Tak hanya itu, acara ini juga menghadirkan pelayanan publik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, Layanan Kesehatan dan Donor Darah, beberapa stand produk UMKM serta layanan sepeda motor gratis dari SMKN 12 Kota Malang.

Di sisi lain, akting Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersyukur Jalan Sihat bisa digelar di Bakorwil Malang kali ini. Dikatakannya, rangkaian peringatan HUT Jatim ke-78 ini merupakan suntikan semangat bagi Kota Malang untuk terus maju dan berkontribusi dalam pembangunan Jatim.

“Kami mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada Jawa Timur. Tentunya Provinsi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur dapat mengemban amanah dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” tutupnya.