Dorong Percepatan Akses Keuangan Daerah, Gubernur Khofifah Dukung Program dan Pembentukan TPAKD – Berita Jatim

by
Dorong Percepatan Akses Keuangan Daerah, Gubernur Khofifah Dukung Program dan Pembentukan TPAKD

Pahami.id – Dihadapan Pimpinan OJK Jatim yaitu Kepala OJK Jatim Wilayah 4 Giri Tribroto, Direktur Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 1 OJK Jatim Nasirwan, Kepala Bagian (Kabag) Kerja Sama Pemerintah Ferah M Sulaiman, Gubernur. Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan dukungan terhadap program OJK.

Termasuk terus mendorong terbentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di 38 kabupaten/kota. TPAKD merupakan wujud sinergi antara Pemerintah Daerah, OJK, Bank Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendorong percepatan akses keuangan di daerah.

Keberadaan TPAKD, kata Gubernur Khofifah, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, memajukan keadilan sosial, meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup banyak warga melalui inklusi dan literasi keuangan. “Hal ini perlu terus didorong agar seluruh kabupaten/kota di Jatim memiliki TPAKD. Pasalnya TPAKD menjadi bagian penting dalam mendorong berbagai sektor, khususnya UMKM di daerah masing-masing, kata Khofifah saat menerima pimpinan Dewan Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur Wilayah 4 di Gedung Negara Grahadi, Selasa (5 /12/2023). .

(Dok: Pemprov Jatim)

Sebagai informasi, saat ini dari 38 kabupaten/kota di Jatim dan 1 wilayah di Jatim, hanya satu kabupaten yang tercatat belum memiliki TPKAD. Gubernur Khofifah akan segera berkoordinasi dengan Pj Bupati terkait untuk membentuk TPAKD.

Insya Allah kami akan berkoordinasi dengan Pj Bupati terkait untuk segera membentuk TPAKD di wilayahnya, tegasnya. Sementara itu, Kepala OJK Wilayah 4 Jatim Giri Tribroto secara khusus meminta Gubernur Khofifah mendorong Pemkab terkait segera membentuk TPAKD. Sebab menurutnya hanya ada satu kabupaten di Jatim yang belum memiliki TPAKD.