Doa Memilih Capres Cawapres yang Baik Pada Pilpres 2024, Amalkan di Malam Jumat – Berita Jatim

by
Doa Memilih Capres Cawapres yang Baik Pada Pilpres 2024, Amalkan di Malam Jumat

Pahami.id – Pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 kini memasuki masa kampanye.

Ajang kompetisi politik ini diharapkan dapat melahirkan calon presiden dan wakil presiden yang baik. Meski masyarakat kebingungan dalam memilih tiga calon presiden dan wakil presiden yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia, muncul pertanyaan apakah ada doa untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang baik di Pilpres 2024. ?

Sebenarnya tidak ada doa memilih calon presiden yang baik untuk wakil presiden di Pilpres 2024, namun dalam artikel Pahami.id kali ini ada doa memilih pemimpin yang baik yang mungkin bisa diamalkan untuk menentukan pilihan presiden yang baik. . calon.

Diketahui, KPU Indonesia telah menetapkan tiga pasangan calon alias wakil presiden untuk memimpin Indonesia di masa depan. Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden juga telah menjalani debat calon perdananya.

Berdasarkan survei Litbang Kompas beberapa waktu lalu, terdapat fakta yang cukup mengejutkan mengenai banyaknya partai yang belum menentukan pilihan atau pemilih yang belum mengambil keputusan.

Ilustrasi Doa – Doa untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang baik. (Masjid Unsplash/MABA)

Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak, menunjukkan terdapat 28,7 persen pemilih yang belum mengambil keputusan.

Memilih pemimpin merupakan hak politik yang dilindungi undang-undang. Namun sebelum menentukan pilihan, ada baiknya terus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keteguhan dalam memilih pemimpin masa depan Indonesia.

Waktu terbaik membaca doa memilih pemimpin yang baik adalah pada malam Kamis atau malam Jumat. Sebab, malam Jumat merupakan malam istimewa bagi umat Islam.

Pada malam Jumat, Allah SWT membukakan pintu surga dan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu, malam Jumat adalah saat yang tepat untuk mendoakan pemimpin yang baik.

Berikut beberapa doa dan amalan yang bisa dilakukan pada malam Jumat untuk mendapatkan pemimpin yang baik:

– Doa untuk pemimpin yang baik
Berikut doa pemimpin yang baik yang bisa dibaca pada malam Jumat:

Insya Allah ِمَا تُحِبُ وَتَرْضَى, اللَُّمَّ اجْعَلْهُمْ رَحِمَةً عَلَى عِبَ Semoga Tuhan memberkati anda Insya Allah هُمَ dan أَصْلِحْ بَعِالَمْ بَعِالَم.

(Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa tuhibbu wa tardho, Allahummaj ‘alhum rahmatan ‘alaa ‘ibaadika, Allahummaj ‘alhum qowwaamiina bilqisthi, Allahummaj ‘alhum muhaa fidzmaina ‘ala diinika wa’irdika Allah, Allahumma ashlih, Allahumma ashlih. daka , Allahumma ashlih bihim ‘aalamaka).

Itu berarti:

Ya Allah, jadikanlah pemimpin-pemimpin kami. Ya Allah, berilah mereka petunjuk tentang apa yang Engkau sukai dan ridhoi. Ya Allah, jadikanlah mereka rahmat bagi hamba-hamba-Mu. Ya Allah, jadikan mereka penegak keadilan. Ya Allah, jadikan mereka penjaga agama dan Yang Mulia. Ya Tuhan, perbaiki umat-Mu dengan mereka. Ya Tuhan, perbaiki negara-Mu dengan mereka. Ya Tuhan, perbaiki dunia-Mu dengan mereka.”

– Latihan lagi pada Jumat malam

Selain membaca doa calon pemimpin yang baik, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan di malam jum’at untuk mendapatkan pemimpin yang baik, yaitu:

– Membaca Surat Yasin

Surat Yasin merupakan surat yang istimewa dan mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat memberikan syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Oleh karena itu, membaca surat Yasin di malam Jumat juga bisa menjadi amalan untuk mendapatkan pemimpin yang baik.

– Membaca doa dan lantunan

Ada banyak doa dan zikir yang bisa dibaca pada malam jumat, salah satunya adalah doa berikut ini:

Insya Allah, Insya Allah semoga Tuhan mengasihaninya.

(Allahumma innii asha’luka fii hadzihil laila til mubaarokati min kulli khoiri, wa ‘auudzubika min kulli syarri, Allahumma innii asha’lukal ‘afwa wal aa’fiyata, Allahumma innii asha’lukal huda wattaqwa, Allahumma innii asha’lukaldu kar wal aakhiroti ).

Itu berarti:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu di malam yang penuh keberkahan ini dari segala kebaikan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampun dan keselamatan kepada-Mu. hidayah dan ketakwaan. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kemuliaan dunia dan akhirat.”

– Berikan sedekah

Amalan adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Beramal dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan memberikan sembako kepada fakir miskin. Beramal di malam Jumat juga bisa menjadi amalan untuk mendapatkan pemimpin yang baik.

Amalan Sholat dari Gus Mus

Sementara itu, dilansir NU Online, KH A Mustofa Bisri atau Gus Mus pernah berpesan agar umat Islam membacakan doa memilih pemimpin yang baik.

Insya Allah ُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ

(Allahumma lâ tusallith ‘alainâ—bidzunübinâ—man lâ yakhâfuKa walâ yarhamunâ)

Itu berarti:

“Ya Allah, Tuhan kami, janganlah memerintah (menjadikan kami pemimpin) atas kami – karena dosa-dosa kami – orang-orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak mengasihani kami.”

Sebelum membaca doa, Gus Mus menyarankan untuk melakukan istighfar.