Diterjang Puting Beliung, Dua Dusun di Kemlagi Mojokerto Porak-poranda – Berita Jatim

by
Diterjang Puting Beliung, Dua Dusun di Kemlagi Mojokerto Porak-poranda

Pahami.id – Angin puting beliung melanda sejumlah desa di Kecamatan Pulang, Kabupaten Mojokerto pada Senin (1/1/2024) sore. Puluhan rumah dilaporkan rusak akibat bencana tersebut.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, bencana angin kencang melanda empat desa yakni Pandankrajan, Mojogebang, Mojopilang dan Mojowo.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Kampung Mojopilang. Dua desa yaitu Truneng Kulon dan Gebangsari hancur. Puluhan rumah rusak, mulai dari kerusakan ringan hingga sedang.

“Ada 8 titik yang terjadi angin kencang. dan lain-lain. Kampung Pandansari Pandankrajan, dll. Desa Sambikerep Pandankrajan, dll. Kelompok Desa Mojogebang, dll. Desa Gebangperut Mojogebang, Dll. Desa Gebangsari Mojopilang, Dll. Desa Trungengkulon Mojowono, Dll. Desa Segawe Mojowono, Dll. Wonorejo, Desa Mojowono,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, dikutip dari mitra TIMES Indonesia–Pahami.id.

Total ada 61 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang. Rata-rata kerusakan terjadi pada bagian atap.

Khakim menambahkan, BPBD Kabupaten Mojokerto telah melakukan proses evakuasi dan asesmen serta memberikan bantuan berupa terpal sebanyak 170 buah untuk penanganan darurat.