Dear Wisatawan, Jika Tidak Mau Terjebak Macet Hindari 18 Titik Jalan di Kota Malang Ini – Berita Jatim

by
Dear Wisatawan, Jika Tidak Mau Terjebak Macet Hindari 18 Titik Jalan di Kota Malang Ini

Pahami.id – Wisatawan yang berlibur ke Kota Malang, Jawa Timur diimbau menghindari kawasan kemacetan tersebut. Apalagi saat ini seluruh masyarakat sedang merayakan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menyatakan, terdapat 18 titik kemacetan di Kota Malang selama libur panjang Natal.

Titik-titik tersebut antara lain, Simpang 3 MCC Blimbing, Jalan Soekarno-Hatta (Suhat), Simpang 3 Jembatan Suhat, Simpang 3 Dinoyo, Jembatan Simpang 3 Panganglmas, Simpang 5 ggulwulung, Simpang Embong Brantas, Simpang Muharto, Simpang Gadang.

Lalu ada juga kawasan Pasar Kota Malang, Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Alun-alun Tugu Kota Malang, kawasan Peninggalan Kayutangan, Jalan Ijen Besar, Jalan Semeru, Jalan Kawi (MOG Mall), Taman Merjosari dan Jalan Ki Ageng Gribig.

Jika pengemudi tidak ingin terjebak kemacetan di ruas jalan tersebut, masyarakat atau pengguna kendaraan dapat menggunakan layanan CCTV online Diskominfo Kota Malang.

Sistem pemantauan jalan melalui CCTV ini dipastikan dapat diakses oleh masyarakat umum secara online melalui telepon genggam.

Sedangkan untuk cara mengakses CCTV online, masyarakat hanya perlu mengakses website https://cctv.malangkota.go.id. Di website ini akan muncul beberapa tampilan CCTV yang tersebar di berbagai titik jalan di seluruh kecamatan di Kota Malang.

Masyarakat dapat memilih salah satu mukim untuk merinci lokasi hingga menemukan titik kemacetan. Masyarakat juga dapat menggunakan zoom manual melalui ponselnya untuk memilih jalan yang kepadatan lalu lintasnya ingin mereka periksa.

Setelah itu, masyarakat tinggal mengklik salah satu ikon CCTV berwarna biru yang ada di layar. Dengan begitu, website akan menampilkan nama jalan dan ikon mata. Kemudian klik ikon mata atau nama jalan dan Anda dapat langsung melihat kondisi jalan secara real-time melalui ponsel Anda.

Kondisi arus lalu lintas dan kondisi cuaca hujan atau panas juga dapat terpantau melalui CCTV online.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra pun menyarankan agar masyarakat melihat CCTV online ini untuk mengetahui arus lalu lintas di Kota Malang secara real time.

Tentu kami sangat menganjurkan masyarakat atau pengemudi jalan untuk melihat kondisi jalan melalui CCTV online, kata Widjaja, dikutip dari Kali Indonesia – Jaringan Pahami.id, Selasa (26/12/2023).

Dikatakannya, website CCTV mempunyai pengaruh yang besar terhadap kelancaran pengemudi dan lalu lintas.

“Sehingga website CCTV ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pengguna jalan mengenai situasi lalu lintas di Kota Malang,” ujarnya.