Dapil Neraka! Ahmad Dhani Hingga Keponakan Megawati Perebutkan Kursi DPR RI dari Jatim 1 – Berita Jatim

by
Dapil Neraka! Ahmad Dhani Hingga Keponakan Megawati Perebutkan Kursi DPR RI dari Jatim 1

Pahami.id – Perang bintang terjadi di daerah pemilihan Jawa Timur I (Dapil Jatim I). Sejumlah selebriti, politisi, dan pengusaha bersaing memperebutkan kursi tersebut DPR RI di daerah pemilihan yang mencakupnya SurabayaSidoarjo yang.

Nama-nama seperti, Ahmad DhaniAngela Tanoesoedibjo, Arzeti Bilbina, Puti Guntur Soekarno, Adies Kadirhingga Bambang Haryo bertarung di Daerah Pemilihan I.

Republic Institute merilis hasil survei yang dilakukan di Daerah Pemilihan I DPR RI. PDIP dan PKB diperkirakan mendapat 2 kursi. Kemudian Partai Golkar 1 kursi, Partai Gerindra 1 kursi, Partai Demokrat 1 kursi, Partai Nasdem 1 kursi, PKS 1 kursi, dan PAN 1 kursi.

Dari kubu PDIP ada nama Bambang DH dan Puti Guntur Soekarno, disusul Adies Kadir yang merupakan kader Partai Golkar. Kemudian Arzeti Bilbina dan Syaikhul Islam dari PKB, Sigit Soesiantomo, politisi UKM, Bambang Haryo dari Gerindra, dan Lucy Kurniasari dari Demokrat.

“Yang menarik di sini adalah Bambang Haryo (caleg Partai Gerindra), karena nilai elektabilitasnya sebagai non petahana bisa mengalahkan petahana di Partai Gerindra (Rahmat Muhajirin),” kata Dr. Sufyanto, peneliti utama di The Republic Institute.

Lantas, bagaimana perhitungan mereka untuk mendapatkan kursi DPR RI pada pemilu 2024? Sufyanto menjelaskan, berdasarkan hasil tersebut, tidak lepas dari perolehan suara partai politik yang masuk ke Senayan dari daerah pemilihan Jawa Timur I.

Berdasarkan penelusuran di daerah pemilihan 1 Jatim untuk seleksi calon legislatif DPR RI, elektabilitas tertinggi masih ditempati PDIP 23,9 persen, disusul PKB 17,8 persen, Gerindra 13,3 persen, dan Golkar 13,1 persen.

Berikutnya Demokrat 6,1 persen, NasDem 5,6 persen, PKS 5,3 persen, PAN 5,0 persen, PSI 3,1 persen, dan PPP 1,3 persen. Sisa partai peserta pemilu masih di bawah 1 persen dan yang belum mengambil keputusan 4,3 persen, jelas Sufyanto.

Hasil survei Republic Institute juga memperkuat argumen bahwa Jawa Timur I semakin meningkatdaerah pemilihan neraka neraka‘. Calon legislatif yang punya popularitas tinggi belum tentu lolos ke Senayan, seperti Ahmad Dhani dan Angela Tanoesoedibjo yang juga menjabat Wakil Menteri Ekonomi Kreatif.

Sebagai informasi, survei calon legislatif DPR RI di daerah pemilihan 1 Jawa Timur meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo dilakukan The Republic Institute pada 1-8 Januari 2024.

Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 2.001 orang pada Dapil DPR Jawa Timur 1 dengan menggunakan metode multi stage random sampling, dengan Margin of Error (KPM) sebesar 2,19 persen.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa