Dapat Bantuan Kemensos, Warga Balong Cangkring Mojokerto Ini Curhat Butuh Bedah Rumah – Berita Jatim

by
Dapat Bantuan Kemensos, Warga Balong Cangkring Mojokerto Ini Curhat Butuh Bedah Rumah

Pahami.id – Kementerian Sosial RI mengunjungi eks lokalisasi Balong Cangkring, Kabupaten Kulon Kulon, Kota Mojokerto pada Jumat (29/12/2023).

Menteri Sosial Tri Rismaharini berjabat tangan dengan warga dua desa di kawasan itu, yakni Balong Cangkring dan Cakar Ayam Baru.

Sukiyat (68), warga RT Balong Cangkring 2 mengatakan, mayoritas membutuhkan bantuan pemerintah, terutama terkait bantuan keuangan, kebutuhan pokok, dan kesehatan.

“Saya baru periksa mata, saya dapat informasi dari telepon seluler anak saya bahwa di sini ada pengobatan gratis, kacamata gratis, Menteri Sosial Puan Risma,” ujarnya, Kamis (29/12/2023).

Selain kebutuhan pokok, kata dia, warga juga membutuhkan bantuan renovasi rumah. “Saya berharap bantuan sembako atau renovasi rumah karena banyak rumah yang sudah tidak layak huni,” kata Sukiyat.

Kemensos menyalurkan bantuan berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga.

“Sasarannya adalah seluruh kelompok umur yang terdaftar di wilayah tersebut, kami membersihkan sekitar 900 orang yang datang ke sini untuk melakukan sidak atau pemeriksaan, dan semuanya kami bagikan kepada anak-anak, lansia, ibu hamil. Setelah itu setelah mendapat pemeriksaan juga mendapat bantuan nutrisi,” kata dokter dari Balai Terpadu Dr Suharso Surakarta, Ismiatun.

Pada kesempatan kali ini Kementerian Sosial memisahkan kebutuhan masyarakat setempat dari segi faktor kesehatan. Bahkan, mereka juga membagikan sejumlah perbekalan kesehatan kepada dua warga desa tersebut.

“Tim medis melakukan pemeriksaan dari awal, dari PPKS datang untuk mendaftar atau mendaftar dengan memeriksa tekanan darah, berat badan, denyut nadi, suhu tubuh dan lain sebagainya. Kemudian dari situ kita lanjutkan ke tim dokter yang ada, dari tim dari dokter kemudian akan diberikan pemeriksaan, kemudian dirujuk ke mana dia harus mendapat pengobatan,” jelasnya.

“Kalau yang bersangkutan hanya butuh obat saja, maka akan diinstruksikan untuk minum obat, tapi kalau ada yang butuh pemeriksaan mata, kami rujuk ke bagian mata dan pendengaran,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Kemensos juga memberikan layanan bagi warga yang membutuhkan fisioterapi.

“Misalnya diperlukan pemeriksaan laboratorium, kami juga menyediakan tes gula darah, asam urat, kolesterol, dan jika diperlukan peralatan, kami menyediakannya, tapi ada prosedurnya tetapi memerlukan proses pengukuran dan lain sebagainya. ,” tambah Ismiatun.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa