Cara Anies Baswedan Baca Buku Beda Banget, Efektif Atau Tidak? – Berita Jatim

by
Cara Anies Baswedan Baca Buku Beda Banget, Efektif Atau Tidak?

Pahami.id – Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Rashid Baswedan atau lebih dikenal Anies Baswedan ternyata punya cara unik dalam membaca buku.

Jika ada yang butuh waktu lama, bahkan beberapa hari, Anies punya tips agar bisa membaca dalam waktu singkat.

Diunggah di akun TikTok @mengenal.anies, calon presiden didampingi Muhaimin Iskandar itu menjelaskan, dirinya hanya membaca 10-15 menit sebelum tidur.

“Mungkin ini yang jarang diketahui orang, saya meletakkan buku di samping tempat tidur sehingga kalau malam sebelum tidur biasanya saya menyalakan lampu baca lalu membaca buku itu mungkin 10-15 menit sebagai lagu pengantar tidur,” ujar Anies. . Baswedan dalam video viral.

“Terus ganti dan baca, tidak usah baca semua seperti itu, baca depan, tengah, akhir,” sambungnya.

Anies menjelaskan cara membaca buku dimulai dari pembukaan, sampul, dan kemudian bagian tengah atau isi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku mempelajari cara tersebut selama kuliah di Amerika, di mana Anies diharuskan membaca buku hingga ribuan halaman dalam satu minggu.

“Jadi begini, saya sekolah di Amerika untuk mengambil PhD, jadi dalam seminggu kami harus membaca buku mungkin 1300-1600 halaman,” kata Anies.

“Nah, begitulah cara belajar membaca cepat. Nah, bagaimana caranya membaca buku, baca bab pertama, lalu baca bab terakhir, lalu selesai, mulai dari tengah,” imbuhnya.

Tak hanya menghemat waktu, Anies juga menjelaskan manfaat lain membaca dengan teknik tersebut.

Pertama, kita tahu dari awal apa yang akan diceritakan di buku ini, lalu kedua kita pelajari kesimpulannya, di kesimpulan beliau akan menjelaskan apa yang tertulis kesimpulannya kemudian kita pelajari di tengah-tengahnya, pungkas Anies Baswedan.

Unggahan tersebut pun langsung menuai beragam komentar dari warganet yang melihatnya.

“Bagus dalam berkata-kata..pintar ternyata dia suka membaca. (emoji jempol) iqro..iqro..iqro. Jangan kasih aku asam sulfat (emoji senyum),” kata akun @I***O.

Wah pasti jadi pemimpin Indonesia di tahun 2024, imbuh @l***_.

“Ya Tuhan, kukira aku yang aneh karena membaca seperti itu..ternyata (emoji smiley),” kata @ri****la.

“Ternyata cara aku membaca adalah cara orang pintar membaca (smiley emoji),” cuit @M****ie.