Bikin Lagu Rapsodia Nusantara No.39 buat Disabilitas, Ananda Sukarlan Gunakan TransAcoustic Piano – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pianis Ananda Sukarlan baru-baru ini membawakan Rapsodia Nusantara No.39. Lagu ini memadukan nuansa Spanyol dengan beragam musik khas Indonesia.

Menariknya lagi, Ananda Sukarlan hanya menggunakan tangan kirinya untuk memainkan tuts piano. Rupanya, ada alasan di balik tindakan tersebut.

Lagu ini saya tulis untuk anak difabel. Jadi dia hanya main tangan kiri saja, kata Ananda Sukarlan saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023).

Pianis Ananda Sukarlan saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023) [Pahami.id/Rena Pangesti]

Ananda Sukarlan meyakini meski orang-orang tersebut memiliki kekurangan, namun tidak membuat mereka patah semangat dalam berkarya.

Ananda Sukarlan kemudian membayangkan, misalnya, jika seorang penyandang disabilitas hanya punya satu tangan, maka ia pun bisa menciptakan sebuah lagu.

Dari segi penggunaan alat musik, Ananda Sukarlan memilih piano Yamaha TransAcoustic TC3. Pasalnya, petikan tutsnya yang klasik membuat lagu terasa lembut dan merdu.

“Ini bukan sekedar piano biasa, tapi alat musik yang menghadirkan nuansa baru dalam musik,” kata Ananda.

Selain Ananda Sukarlan, konten kreator Firda Salim juga menjajal piano. Ia juga terkesan dengan suara dan fitur yang terdapat pada alat musik ini.