Bersekolah di Sekolah Internasional, Jan Ethes Putra Gibran Dididik Bukan untuk Jadi User tapi… – Berita Jatim

by
Bersekolah di Sekolah Internasional, Jan Ethes Putra Gibran Dididik Bukan untuk Jadi User tapi...

Pahami.id – Putra calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra diketahui masih bersekolah. Beberapa waktu lalu, saat Jan Ethes masih bersekolah, potretnya sempat viral.

Anak Gibran diketahui bersekolah di Focus Independent School (FIS). Status sekolah ini adalah sekolah internasional yang terletak di Jalan KS Tubun Nomor 27, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Mengutip dari website resmi sekolah, FIS merupakan sekolah berdasarkan Taksonomi Bloom. Sebagai informasi, tujuan pendidikan difokuskan pada tiga hal pokok yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Sekolah ini juga menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum internasional yaitu kurikulum Cambridge dan kurikulum dasar internasional.

Menariknya, Jan Ethes sebagai mahasiswa FIS dididik menjadi pemimpin karena sekolah ini mengusung filosofi ‘Tomorrow’s Leader’.

“FIS mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan, dan juga memperkuat siswa untuk memiliki mentalitas pembuat, bukan konsumen,” tulis filsuf sekolah Jan Ethes.

Mahasiswa FIS dikembangkan dengan program-program berkualitas tinggi untuk membekali mereka dengan pengetahuan yang kokoh, pemikiran yang terstruktur, karakter yang baik dan keterampilan yang dapat diandalkan.

Tak heran sekolah ini menggunakan tiga kurikulum sekaligus. Kurikulum Tahun Awal Internasional (IEYC) dan Kurikulum Dasar Internasional (IPC) menjadi landasan pembelajaran terpadu sepanjang proses pembelajaran di tingkat EYP dan Sekolah Dasar.

Selain itu, kualifikasi Cambridge di tingkat Dasar dan Menengah mempromosikan pendidikan berstandar global, khususnya dalam Bahasa Inggris, Matematika dan Sains.

Mengenai biaya di sekolah ini tidak disebutkan secara rinci biayanya. Namun dikutip dari situs jasa.co.id, berdasarkan informasi yang diperoleh pada tahun 2020, biaya pendidikan kelas bayi atau pendidikan anak usia dini berkisar Rp 900.000/bulan.

Sayangnya, biaya sekolah dasar belum ditemukan. Namun kisaran biaya SMP di Focus Independent School Solo tahun 2016 adalah dari: Biaya pendaftaran: Rp 15 juta, biaya tambahan: Rp 3 juta, biaya pendidikan: Rp 1,8 juta per bulan, biaya tahunan: Rp 6 juta.