Berkat UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Vinto Craft Raih Kontrak Ekspor 3.000 Unit Produk ke Qatar – Berita Jatim

by
Berkat UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Vinto Craft Raih Kontrak Ekspor 3.000 Unit Produk ke Qatar

Pahami.id – Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, mendorong Vinto Craft, pelaku usaha tenun tradisional asal Jambi, untuk memperluas pasar ekspor atau go internasional.

Pendiri Vinto Craft, Vinto Bustam Effendi mengatakan, melalui acara tahunan yang digelar BRI sejak 2019, pihaknya menandatangani kesepakatan pengiriman produk sebanyak 3.000 unit ke Qatar dalam 3 tahun ke depan.

“Tahun ini ada pembeli dari Qatar yang tertarik dengan produk kami. “Alhamdulillah, harga dan pengiriman sudah kita sepakati,” ujarnya, di luar acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang merupakan rangkaian HUT BRI ke-128 dan digelar di Jakarta Convention Center pada 7-10 Desember. Tahun 2023 dengan tema “Membangun Hubungan Global”.

Tak henti-hentinya mempertemukan pelaku UKM dan pembeli, melalui acara BRILLIANTPRENEUR, menurut Vinto, pihaknya juga akan mendapatkan bantuan dari konsultan ekspor BRI. Bantuan tersebut berupa pengelolaan keuangan dan letter of credit (L/C).

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari acara ini, Vinto berharap BRI konsisten menjalankan BRILLIANPRENEUR setiap tahunnya dengan lebih baik lagi. Dengan begitu, UKM yang lolos pengumpulan dan memiliki produk layak ekspor akan bertemu dengan pembeli baru dari luar negeri.

“Sehingga kita tidak hanya mendapatkan pasar lokal saja, BRI juga mendatangkan pembeli dari luar negeri sehingga nantinya transaksi juga bisa kita dapatkan dari luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Vinto Craft hadir karena khawatir akan punahnya pandan rawa akibat penambangan emas ilegal di Muara Bungo, Jambi. Seperti diketahui, di wilayah ini perekonomian mayoritas masyarakatnya sangat bergantung pada komoditas kelapa sawit dan karet.

Dimana harga komoditas ini berfluktuasi. Oleh karena itu, Vinto Craft juga hadir dengan keprihatinan terhadap tidak stabilnya harga minyak sawit dan karet. Maka, lanjut Vindo, muncullah inisiatif menenun kerajinan lokal, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, tapi juga untuk melestarikan tradisi nenek moyang masyarakat desa Teluk Pandak.

Sejak berdiri pada tahun 2011, Vinto Craft telah berhasil mengekspor produknya ke beberapa negara. Oleh karena itu, menurut Vinto, ajang BRILLIANPRENEUR memberikan alternatif pasar bagi pelaku UKM seperti dirinya.

“Vinto Craft menawarkan beragam kerajinan tenun antara lain tikar asli berbahan rumput purun, tas, dan keranjang,” ujarnya.

Karena kualitasnya yang baik dan aspirasi keberlanjutan usaha pada produknya, hingga saat ini Vinto Craft telah mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Diantaranya adalah Inacraft Award, Good Design Indonesia, dan World Craft Council Excellence Award.

Sementara itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 resmi ditutup oleh Direktur Utama BRI Sunarso pada Minggu (10/12/2023). Kegiatan yang dibuka Presiden Joko Widodo pada 7 Desember 2023 ini mencatatkan komitmen transaksi melalui business match sebesar US$81,3 juta atau sekitar Rp 1,26 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.500.

Sunarso mengungkapkan nilai perjanjian tersebut meningkat dibandingkan BRILLIANTPRENEUR 2020 yang mencapai US$ 57,5 ​​juta. Tahun ini juga jauh lebih besar dibandingkan capaian tahun 2021 dan 2022 yang masing-masing sebesar US$ 72,1 juta dan US$ 76,7 juta.

Selain itu, hingga hari ketiga penyelenggaraan pameran, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR mencatatkan total nilai penjualan sebesar Rp8,7 miliar. “Transaksi tersebut berasal dari pengunjung pameran secara langsung melalui EDC dan QRIS serta secara online melalui e-commerce yang telah bermitra dengan BRI,” jelas Sunarso sebagai penutup.

BRI juga optimis mampu mencapai target nilai transaksi sebesar Rp 20 miliar didorong oleh program transaksi e-commerce online yang akan berlanjut hingga 31 Desember 2023.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Sunarso mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya acara tersebut. “Kami berharap dapat memberikan dampak positif dan luas bagi kemajuan dan pengembangan kapasitas dan kualitas UKM Indonesia,” kata Sunarso.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang mengusung tema “Crafting Global Connection” atau mempertemukan koneksi global, melibatkan 700 UKM terkurasi dalam 5 kategori yaitu Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Waste, serta Health Perawatan / Kesehatan.

Terpisah, Menteri BUMN RI Erick Thohir mengapresiasi berbagai program yang dilaksanakan BRI, di antaranya program pemberdayaan seperti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023. Sebab, ajang yang sudah digelar sebanyak 5 kali dengan berbagai inovasi ini terbukti sukses mengubah nasib. seputar perekonomian secara keseluruhan.

“UKM menjadi prioritas pertumbuhan ekonomi negara, dan BRI sebagai bank dengan portofolio UMKM terbesar diharapkan terus bergerak menciptakan ekosistem bagi pelaku UMKM dengan tujuan utama pertumbuhan ekonomi,” kata Erick.