Berjarak 120 Km dari Surabaya, Desa Tertinggi di Jawa Timur Selalu Diselimuti Kabut Tipis – Berita Jatim

by
Berjarak 120 Km dari Surabaya, Desa Tertinggi di Jawa Timur Selalu Diselimuti Kabut Tipis

Pahami.id – Desa Ngadas di Kabupaten Malang termasuk dalam salah satu desa tertinggi di Jawa Timur. Desa ini berada di ketinggian sekitar 2150 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Secara geografis, Desa Ngadas masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Desa ini merupakan salah satu dari 36 desa Suku Tengger.

Untuk menuju ke Desa Ngadas cukup mudah. Wisatawan bisa mengikuti arah yang telah ada atau jika dari Surabaya mengarah ke selatan menuju Kota Malang.

Cari jalur menuju ke wilayah Tumpang, dan lanjut ke Poncokusumo. Wilayah Desa Ngadas masuk wilayah Kecamatan Poncokusumo.

Pemkab Malang telah menetapkan Ngadas sebagai desa wisata sejak 2014. Topografinya yang berbukit menyajikan suasana sejuk dan pemandangan indah.

Desa Ngadas merupakan enclave (kantung) dari TNBTS dan berada di ketinggian mencapai 2150 mdpl. Tidak heran bila suhu udara di tempat ini berkisar antara 0° celsius hingga 18° celsius. Nyaris selalu diselimuti kabut tipis. 

Begitu masuk desa ini lagsung disuguhkan pemandangan bukit-bukit hijau. Apabila cuaca cerah, puncak Gunung Semeru terlihat jelas dari desa tersebut.

Selain pemandangan indah, desa ini juga kental dengan budaya. Masyarakat Desa Ngadas masih menjaga erat budaya khas Suku Tengger.

Tidak perlu khawatir berwisata di Desa Ngadas, karena sudah banyak homestay. Wisatawan bisa memilihnya dengan fasilitas yang beragam.

Jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal, karena suhu udara di Desa Ngadas bisa mencapai minus di bulan-bulan tertentu.