Bela Program Makan Siang Gratis, Chef Arnold Langsung Trending Karena Hal Ini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Arnold Poernomo atau lebih dikenal dengan sebutan Koki Arnold trending di X karena tweetnya tentang anggaran program makan siang gratis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, program andalan pasangan calon nomor urut dua itu ditentang segelintir orang karena berbagai alasan. Salah satunya anggaran masing-masing bagian disebut hanya Rp15 ribu.

Chef Arnold (instagram Arnold Poernomo)

Banyak orang yang menilai gizi anak tidak akan memenuhi nilai nominal tersebut. Namun menurut Chef Arnold, Rp 15 ribu sudah lebih dari cukup mengingat harga bahan dasar yang diketahuinya.

“Jangan jadi Omdo. Oke coba jelaskan secara detail,” tulisnya di akun @ArnoldPoernomo, Jumat (1/3/2024).

Dalam unggahannya, juri MasterChef Indonesia merinci harga beras 18 ribu/kg. Satu porsi nasi adalah 50 gram nasi seharga Rp 900 (belum seberat nasi).

Untuk lauk pauknya, Chef Arnold mematok harga telur 17 ribu/kg sehingga 1 butir telur memiliki berat sekitar 70 gram. Tiap porsinya dikasih dua butir telur, total harganya Rp 2.400.

Selain telur, ayah satu anak ini juga menyertakan daging ayam sebagai lauknya dengan harga 20 ribu/kg. Satu porsinya diberi sepotong ayam seberat 100 gram senilai Rp 2.000.

Manfaat sayur mayur berupa brokoli, wortel dan bok choy yang harganya rata-rata mencapai 25 ribu/kg. Jadi, harga sayur 150 gram (sebelum dikerut) hanya berkisar Rp 3.750.

“Bumbu, minyak, bumbu dan lain-lain dihitung 4000. Totalnya kurang lebih Rp 13.050 kalau pakai daging sapi, mungkin lebih mahal sedikit,” imbuhnya.

“Ada lagi yang mau ditanyakan? Selain Omdo omdo,” pungkas Chef Arnold menantang netizen yang menentang acara tersebut. makanan gratis.

Koki Arnold. [Instagram]
Koki Arnold. [Instagram]

Detail harga yang dibeberkan Chef Arnold pun langsung viral dengan total 7,4 juta views. Koki dikritik habis-habisan karena beberapa harga yang tidak sesuai dengan kursus.

Dari pantauan masyarakat, harga daging ayam kini mencapai Rp 37.110 per kilogram. Sedangkan telur ayam kampung dijual dengan harga Rp 30.590 per kilonya di pasaran.

“Jadi selama ini sebagai chef tidak pernah melakukan costing? Telur 17 ribu/kg, ayam 20 ribu/kg. BAIK,” cibir akun @NoniZara.

“Ayam 20rb/kg sejak kapan? Beternak sendiri atau gimana? Kayaknya gak pernah ke pasar asal keluarin, cuma cuma-cuma gitu,” kritik akun @itsquaileggs.

Chef Arnold telah mengoreksi harga telur dan daging ayam di tweet barunya. Namun hinaan itu tak berhenti sampai sekarang.

Kontributor: Chusnul Chotimah