Baim Wong Tanggapi Berita Pak Muhyani yang Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Membunuh Pencuri Kambing – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Artis Baim Wong angkat bicara soal pemberitaan yang diberitakan seorang pria bernama Muhyani. Pria asal Banten ini viral setelah ditetapkan sebagai tersangka karena membela diri dengan membunuh pencuri kambing.

Suami Paula Verhoeven itu juga mengunggah headline berita dan foto terkait Muhyani yang ditetapkan polisi sebagai tersangka.

Baim Wong (Instagram/baimwong)

“Saya hanyalah bagian dari masyarakat Indonesia, dan terkadang kepekaan atau empati datang secara tak terduga pada orang yang saya cintai dan saya sayangi,” tulis Baim pada caption foto yang diunggahnya.

Menurut Baim, kejadian tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Ia pun memastikan Muhyani tidak akan melakukan hal tersebut jika tidak dipaksa.

“Kejadian ini bisa menimpa siapa saja.
Pertanyaannya, bila hal ini terjadi pada saya, apa yang harus saya lakukan? Ini tentang hidup dan mati, dan juga tentang tindakan yang salah dan benar. Kalau tidak ada pencurian, kejadian yang dilakukan Pak Muhyani tidak akan terjadi, lanjut Baim.

Di akhir artikel, ayah 2 anak ini mendoakan agar Muhyani diberikan kesabaran dan keadilan yang terbaik di mata hukum.

Doa saya untuk Pak Muhyani, semoga diberikan kesabaran dan Insya Allah semoga diberikan keadilan yang terbaik, pungkas Baim.

Keterangan penggembala kambing Muhyani (58) kepada media, Jumat (16/12/2023). [SuaraBanten.id/Yandi Sofyan]
Keterangan penggembala kambing Muhyani (58) kepada media, Jumat (16/12/2023). [SuaraBanten.id/Yandi Sofyan]

Beberapa netizen pun langsung memberikan respons terhadap unggahan tersebut. Ada yang mengkritik polisi karena tidak adil terhadap rakyat biasa.

“Apa aparat kepolisian tidak malu mencurigai orang yang tidak seharusnya dicurigai? dan lancip di bagian bawah,” kata seorang warganet.

Ada pula netizen yang menuliskan hadis nabi yang menyebutkan bahwa manusia diperbolehkan membunuh dalam keadaan terpaksa.

“Inilah hukum Islam, hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Berikut haditsnya:
Seorang laki-laki mendatangi Nabi SAW. dan berkata, ‘Ya Rasulullah, bagaimana jika ada yang ingin mengambil hartaku?’ Nabi menjawab, ‘Jangan berikan hartamu.’ Pria itu bertanya lagi, ‘Bagaimana kalau dia ingin membunuhku?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Lawan dia.’ Laki-laki itu bertanya lagi, ‘Bagaimana kalau saya dibunuh?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Kamu adalah seorang syahid.’ Pria itu bertanya lagi, ‘Bagaimana jika saya membunuhnya?’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Dia di neraka.’

Muhyani, pemilik kambing bersama putranya, keluar dari Kantor Kejaksaan Negeri Serang setelah mendapat hukuman penangguhan penjara. [Bantennews/IST]
Muhyani, pemilik kambing bersama putranya, keluar dari Kantor Kejaksaan Negeri Serang setelah mendapat hukuman penangguhan penjara. [Bantennews/IST]

Namun ada juga sebagian netizen yang memberikan informasi bahwa Pak Muhyani gratis. Salah satunya adalah Celine Evangelista.

“Aku bebas alhamdulillah,” tulis Celine di kolom komentar Baim Wong.

Kasusnya sudah dihentikan dan Pak Muhyani bebas, tulis netizen lainnya.

Seperti diketahui, nama Muhyani, warga Banten, menjadi viral setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Penetapan Muhyani sebagai tersangka dinilai tidak adil. Pasalnya, ia harus membunuh untuk mempertahankan haknya. Ia melakukan perlawanan setelah pencuri itu ingin mengambil kambing yang dipeliharanya. Situasi ini membuat Muhyani melawan dan membunuh pencuri tersebut.