Anjasmara Nikmati Momen Kerja Jadi Instruktur Yoga – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Aktris terkenal Indonesia, Anjasmara suka melakukan yoga. Dia menceritakan bagaimana dia pertama kali mengenal yoga dan jatuh cinta dengan olahraga tubuh dan pikiran.

“Jujur dulu waktu ditawari yoga awal tahun 2000-an malah merasa yoga itu untuk orang tua,” ujar Anjasmara saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/4/2023).

Namun pemikiran itu berubah setelah Anjasmara mencobanya.

“Tapi ketika waktu berlalu, ketika saya merasa ada sesuatu yang kosong dalam diri saya, saya membutuhkan olahraga yang dapat mendukung saya, tidak hanya tubuh saya yang kuat, tetapi pikiran dan jiwa saya lebih kuat,” katanya.

Anjasmara saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (9/4/2023). [Pahami.id/Tiara Rosana]

“Dan setelah saya melakukan penelitian, ternyata hanya yoga yang memiliki semuanya, dan saya cocok dengan yoga,” lanjutnya.

Dia sangat senang dengan yoga sehingga dia bahkan mendapatkan lisensi guru yoganya, yang tidak mudah. Untungnya, ia berhasil menjadi instruktur pada tahun 2014.

“Perjuangan untuk mendapatkan lisensi adalah saya harus mengikuti pelatihan 500 jam untuk Hatha dan Vinyasa, kemudian untuk Yoga Nidra saya selama 100 jam, lalu untuk mangkuk bernyanyi saya sekitar 50 jam. Jadi, ya banyak,” jelas aktor Enchanted itu.

Anjasmara menjelaskan bahwa banyak manfaat belajar yoga. Tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk pikiran.

“Sebenarnya tergantung. Kalau kita berlatih yoga hanya mengambil secara fisik, maka kita hanya akan mendapatkannya secara fisik saja,” kata Anjasmara.

“Tapi kalau misalnya kita melakukan yoga dengan kesadaran penuh, maka kita akan mendapatkan manfaat yoga baik secara fisik, psikis, maupun mental,” imbuhnya.

Anjasmara juga menjelaskan manfaat yoga lainnya adalah dapat mengurangi asupan obat saat tubuh terasa tidak nyaman.

“Pertama kita lebih in touch dengan diri kita sendiri, kita lebih aware, lebih aware apa yang harus dilakukan, kalau misalnya kita sakit kita tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia,” ujarnya.

“Jika kita tidak nyaman dengan tubuh kita, kita dapat segera melakukan gerakan agar rasa tidak nyaman tersebut dapat kita hilangkan,” imbuhnya.

Pikirannya menjadi lebih stabil, yang merupakan efek yoga terpenting bagi Anjasmara.

“Dan yang terpenting bagi saya adalah saya bisa mengendalikan diri dengan lebih baik, saya bisa mengendalikan pikiran saya, dan saya bisa mengatur hati saya sehingga saya bisa menikmati hidup saya dengan lebih baik,” jelas Anjasmara.

“Aku bisa merasa lebih bahagia dari orang lain,” lanjutnya sambil tertawa.

Anjasmara mengikuti pelajaran yoga ke Dubai dan negara asal yoga, India. Dia sekarang menjalankan kelas yoga bernama Asmaradana Sanctuary bersama istrinya, Dian Nitami.