Angin Kencang Terjang Sejumlah Wilayah, Warga Jatim Harap Waspada! – Berita Jatim

by
Angin Kencang Terjang Sejumlah Wilayah, Warga Jatim Harap Waspada!

Pahami.id – Cuaca ekstrem melanda beberapa wilayah di Jawa Timur. Hujan disertai angin kencang menghancurkan puluhan bangunan.

Beberapa daerah yang terdampak adalah Mojokerto, Malang, Jombang, Sumenep, dan Pacitan.

Mengutip Beritajatim.com–sahabat Pahami.id, di Mojokerto, angin kencang melanda lima kecamatan pada Kamis (11/1/2024). Sedikitnya 10 ruko mengalami kerusakan parah pada atapnya di Distrik Bangsal. Sebuah pohon berdiameter sekitar 20 sentimeter tumbang di depan Puskesmas Kutorejo.

Masih di Kecamatan Kutorejo, 11 rumah warga, satu masjid dan satu sekolah di Kampung Sampangagung rusak. Angin kencang juga merobohkan empat pohon di kawasan tersebut. Di Kecamatan Puri, sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang.

Sementara di Jombang, angin kencang melanda tiga kabupaten. Sebanyak tujuh pohon di Kecamatan Mojoagung, lalu lintas terdampak. Hujan disertai angin kencang juga melanda wilayah Sumobito dan Kesamben.

Di Sumenep, angin kencang menghancurkan 70 bangunan di Kecamatan Saronggi dan Batuan pada Selasa (9/1/2024). Tak hanya itu, 11 tiang listrik juga roboh.

Angin kencang juga melanda Pamekasan pada Jumat (5/1/2024). Setidaknya satu masjid dan empat rumah rusak akibat angin kencang.

Laporan TIMES Indonesia–Jaringan Pahami.id, angin kencang dan hujan lebat juga melanda kawasan Pacitan. Sepanjang awal tahun ini cuaca ekstrem telah merusak enam rumah.

Peringatan Keluaran BMKG

BMKG mengimbau masyarakat di beberapa wilayah mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang dengan kecepatan 45 kilometer per jam pada Jumat.

Potensi hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Nusa Tenggara Timur.

Selain wilayah tersebut, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpotensi dilanda hujan lebat. .

Dari wilayah tersebut, beberapa di antaranya seperti Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara berpotensi dilanda angin kencang.

Tak hanya angin kencang, hujan badai juga diperkirakan akan terjadi di Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Nantinya, badai juga akan melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Barat. . Papua.