9 Artis yang Berjuang Melawan Autoimun, Terkini Isyana Sarasvati – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kondisi kesehatan Isyana Sarasvati menjadi perhatian setelah mengungkapkan dirinya menderita penyakit autoimun yang merupakan salah satu jenis SLE atau lebih dikenal dengan lupus.

Isyana Sarasvati rupanya tidak sendiri, karena cukup banyak artis yang berjuang melawan penyakit autoimun. Sebelumnya, ada beberapa artis yang juga menderita penyakit autoimun sehingga sering harus bolak-balik berobat.

Autoimunitas sendiri merupakan penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat tubuh sendiri. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar artis yang berjuang melawan autoimunitas.

1. Abigail yang cantik

Abigail itu cantik. (Instagram/abigailcantika)

Mantan vokalis GAC Cantika Abigail adalah pasien psoriasis autoimun. Penyakit ini menyerang kulit sehingga menimbulkan bintik merah, membuat kulit menjadi kering, dan menimbulkan rasa gatal. Cantika menderita psoriasis sejak 2011. Ia merasa sedih karena tak kunjung sembuh meski telah berobat berulang kali.

2. Andrea Diane

Andrea Diane [Instagram]
Andrea Diane [Instagram]

Salah satu penyebab Andrea Dian mudah sakit hingga tertular Covid-19 adalah karena daya tahan tubuhnya yang lemah akibat mengidap penyakit autoimun. Meski demikian, ia tetap semangat dengan rajin berolahraga dan melakukan yoga untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

3. Qory Sandioriva

Qory Sandioriva usai pementasan teater musikal, Takdir Cinta Pangeran Diponegoro, di Galeri Kesenian Jakarta, Minggu (19/8/2018).
Qory Sandioriva usai pementasan teater musikal, Takdir Cinta Pangeran Diponegoro, di Galeri Kesenian Jakarta, Minggu (19/8/2018).

Puteri Indonesia 2009 mengidap lupus sejak berusia 12 tahun. Tak hanya lupus, ternyata ia juga memiliki riwayat penyakit autoimun sindrom Sjogren. Penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh lemah sehingga menyebabkan kulit dan mulut kering.

4. Asanti

Artis Setia Menemani Pasangan Sakit (instagram/@ashanty_ash)
Ashanty (instagram/@ashanty_ash)

Sering sakit kepala, cemas, stres, dan pelupa adalah gejala yang dialami Ashanty sebelum didiagnosis menderita penyakit autoimun. Akibat penyakit tersebut, Ashanty harus bolak-balik menjalani perawatan di rumah sakit. Dia juga harus mengalami beberapa kali keguguran.

5.Cita Cita

Citacita [Instagram]
Citacita [Instagram]

Penyakit autoimun juga dialami oleh penyanyi dangdut Cita Citata. Akibat sakitnya, kulitnya sering merah seperti orang alergi. Namun, tidak diketahui jenis autoimunitas apa yang dimilikinya.

6.Raditya Dika

Raditya Dika membeberkan penyebab channel YouTube-nya diretas dan tidak bisa diakses selama beberapa hari melalui video yang diunggah pada Sabtu (31/12/2022). [Screenshot YouTube Raditya Dika]
Raditya Dika [Screenshot YouTube Raditya Dika]

Saat merasa stres, Raditya Dika akan mengalami kulit kering dan nyeri sendi. Selidiki kalibrasi Dika memiliki autoimunitas. Komikus, penulis, dan produser ini harus menjalani perawatan di Singapura untuk mengobati penyakitnya.

7. Cici Panda

Cici Panda (Pahami.id/Yazir Farouk)
Cici Panda (Pahami.id/Yazir Farouk)

Presenter Cici Panda diketahui memiliki jenis vaskulitis autoimun yang menyebabkan peradangan saraf di bawah kulit. Penyakit ini sudah dideritanya sejak 2015. Agar kondisinya tidak semakin parah, Cici Panda juga mengontrol pola makannya.

8. Cornelia Agatha

Aktris Cornelia Agatha saat ditemui di Kantor Komnas Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). [Pahami.id/Alfian Winanto]
Aktris Cornelia Agatha saat ditemui di Kantor Komnas Perlindungan Anak, Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). [Pahami.id/Alfian Winanto]

Artis senior Cornelia Agatha menderita sejenis artritis autoimun. Dia menderita penyakit ini sebelum menikah dan itu adalah salah satu alasan mengapa berat badannya naik sebagai efek samping dari pengobatan.

9.Isyana Saraswati

Isyana Sarasvati (Instagram/isyanasarasvati)
Isyana Sarasvati (Instagram/isyanasarasvati)

Melalui Instagram pada (20/4/2023) kemarin, Isyana Sarasvati mengabarkan dirinya didiagnosa SLE atau Systemic Lupus Erythematosus. Isyana menerima hukuman atas penyakitnya pada akhir tahun 2022.

Sebelumnya, orang-orang khawatir karena dia sering keluar masuk rumah sakit. Lupus Isyana adalah penyakit autoimun kronis dan menyebabkan peradangan pada tubuh, seperti persendian, kulit, ginjal, bahkan otak.

Itu adalah sederet artis yang menderita penyakit autoimun dan masih berjuang melawan penyakit tersebut. Perjuangan melawan autoimunitas tidaklah mudah karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total.

Pengobatan yang dilakukan hanya untuk menekan penyakit agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Kontributor: Safitri Yulikhah