4 Daftar Kasus Gathan Saleh Mantan Suami Dina Lorenza, Terbaru Penembakan di Jakarta Timur – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Gathan Saleh diduga sebagai pelaku penembakan di Jatingera, Jakarta Timur. Hal itu diungkapkan Mohammad Andika Mowardi, korban penembakan.

Ini bukan pertama kalinya mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke punya masalah dengan polisi. Beberapa kali pria berdarah Arab itu terlibat kasus kriminal.

Lalu apa yang terjadi dengan Gathan Saleh? berikut ulasannya.

1. Penembak

Korban penembakan di Jakarta Timur, Andika, mengaku berteman dengan Gathan Saleh. Padahal, keluarga Andika dan keluarga Gathan cukup dekat.

Namun pada 8 Februari 2023, Gathan Saleh bertemu dengan Andika yang baru pulang membeli makanan. Saat adu mulut, Gathan Saleh terungkap dua kali menembak ke arah Andika dan satu kali ke aspal.

Meski tak terkena badan, tangan Andika terluka karena kaca belakang pecah terkena peluru yang ditembakkan Gathan Saleh. Gathan mengabaikan dua panggilan polisi sehingga lokasinya masih menjadi misteri.

2. Kasus narkoba

Pada tahun 2021, Gathan Saleh ditangkap karena kasus narkoba di kawasan Wanayasa, Purwakarta. Barang bukti 5,8 kilogram ganja dan 0,49 gram sabu disita Polres Purwakarta, Jawa Barat saat itu.

Selain itu, Gathan Saleh yang ditangkap bersama pria berinisial F juga memiliki senjata api Glock 17 buatan Austria. Polisi juga menemukan barang bukti peluru Cal 73 9 milimeter.

Namun belum diketahui pasti hukuman apa yang diterimanya meski dikabarkan terancam hukuman mati berdasarkan pasal 114 ayat (2) dan 111 ayat (2) UU. Nomor RI. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

3. Penganiayaan terhadap Asisten Nathalie Holscher

Gathan Saleh juga dituding meliput asisten Nathalie Holscher, Fano. Meski masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang), Gathan tak pernah muncul saat itu.

Hanya keluarga Gathan Saleh dan pengacaranya, Sunan Kalijaga yang memberikan penjelasan. Gathan disebut tidak akan hadir jika polisi tidak melayangkan surat panggilan sebagai tersangka.

Akhirnya kasus pemukulan tersebut berakhir damai antara Gathan Saleh dan asisten Nathalie Holscher.

4. Kotak senjata

Saat menjadi istri Dina Lorenza, tepatnya pada tahun 2011, Gathan Saleh didakwa melakukan penipuan jual beli senjata api dan TKA ilegal.

Korban bernama Abdul Hakim melaporkan Gathan Saleh karena tidak memberikan dokumen terkait izin kepemilikan senjata api meski telah membayar lebih dari Rp 50 juta.

Gathan Saleh terungkap menjual senjata api kaliber Cis 22 dengan harga Rp 40 juta dan biaya izin Rp 19 juta. Transaksi ini sudah berlangsung sejak 2008 hingga Abdul Hakim kehabisan kesabaran.

Itulah daftar kasus Gathan Saleh. Ia kini tengah diburu pihak berwajib karena tidak memenuhi panggilan pihak berwajib.

Kontributor: Neressa Prahastiwi