1 Juta Lebih Kendaraan Sudah Melintas – Berita Jatim

by
1 Juta Lebih Kendaraan Sudah Melintas

Pahami.id – PT. Layanan Tol Pandaan-Malang menyatakan, sudah ada satu juta lebih kendaraan yang melintasi Tol Pandaan-Malang pada libur Natal dan Tahun Baru 2024.

General Manager Operasional Tol Jasa Marga Pandaan-Malang, Indrawan Agustono mengatakan perkiraan rinci jumlah kendaraan yang masuk dan keluar sebanyak 1.102.621 kendaraan.

Jumlah trafik yang diprediksi pada lima gerbang tol baik keluar maupun masuk Tol Pandaan-Malang sebanyak 1.102.621 kendaraan, kata Indrawan dikutip dari Kali Indonesia – Jaringan Pahami.id, Minggu (24/12/2023).

Dari total kendaraan yang melewati lima pintu Tol Pandaan-Malang, diperkirakan masuk sebanyak 548.089 kendaraan dan keluar sebanyak 554.532 kendaraan.

Lima gerbang Tol Pandaan-Malang itu terdiri dari Gerbang Tol Purwodadi, Lawang, Singosari, Pakis, dan Malang, ujarnya.

Menurut dia, puncak arus mudik libur Natal diperkirakan terjadi pada 24 Desember 2023 dan arus mudik pada 1 Januari 2024.

“Lokasi yang rawan kemacetan adalah Underpass Karanglo Malang. Untuk mengantisipasinya, kami akan mengalihkan kendaraan dari Surabaya melalui pintu Tol Pakis,” jelasnya.

Sementara itu, empat rest area telah disiapkan PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang bagi pengendara di puncak Nataru.

Keempat rest area tersebut berada di rest area KM 66 A, 84 B, KM 66 B, dan 84 A.

“Kami mengoperasikan empat lokasi rest area, yaitu dua rest area tipe A dan dua rest area tipe B,” imbuhnya.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi antrian panjang di lima gerbang Tol Pandaan-Malang, pihaknya juga menyiapkan 13 unit mobil reader, mengoperasikan 20 unit mesin EDC untuk transaksi tol.

“Kami juga menambah delapan staf untuk membantu melancarkan transaksi seperti operasional penyadapan dan pembaca mobil,” ujarnya.