Sejarah Sepak Bola Di Dunia Lengkap – Sejarah

by

Sepak bola bukan permainan asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat melakukan permainan dengan bola ini. Namun tahukah anda asal mula dari sepak bola, untuk itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga :

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola terdiri dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. “Sepak” bisa disebut menyepak yaitu menendang (menggunakan kaki), sedangkan “Bola” adalah alat untuk permainan yang memiliki bentuk bulat yang terbuat dari karet, kulit atau bahan lainnya. Jadi secara singkat pengertian sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari yang dilakukan oleh pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola kedalam gawang.

Permainan sepak bola adalah permainan dalam bentuk regu, setiap regu berisi 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan memiliki beberapa pemain cadangan. Permainan sepak bola ini mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol. Permainan sepak bola ini dilakukan dalam 2 babak, masing-masing dengan waktu 45 menit dengan waktu istirahat diantara 2 babak tersebut 10 menit.

Jika dalam waktu 2 babak kedua tim dengan skor yang sama atau seri maka akan diadakan penambahan waktu 2 x 15 menit. Apabila penambahan waktu masih dengan skor yang sama atau seri akan dilakukan tendangan pinalti. Dalam melakukan tendangan pinalti, tim akan diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk melakukan tendangan kedalam gawang.

Baca Juga :

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah sepak bola sebagai olahraga digemari sejak abad ke-2 M sampai abad ke-3 M di Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit dengan memasukkan dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu. Permainan sepak bola juga dimainkan di Jepang dengan nama lain Kemari. Pada abad ke-16 sepak bola juga digemari di Italia. Lalu permainan sepak bola banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah hingga Romawi Kuno.

Namun saat sepak bola sampai ke Inggris, pada tahun 1365 Raja Edward III melarang untuk memainkan sepak bola, karena dalam permainan sepak bola terjadi banyak kekerasan dan tindakan yang brutal. Namun pada tahun 1360 Raja Edward III mengizinkan kembali berlakunya permainan sepak bola. Namun permainan sepak bola tidak ada perubahan, tetap penuh dengan kekerasan dan tindakan brutal. Hingga pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembali permainan sepak bola tanpa ada kompromi dan disertai sanksi tegas kepada orang yang masih melakukan permainan sepak bola yaitu dengan memenjarakan orang tersebut. Namun akhirnya pada tahun 1680 larangan untuk tidak melakukan permainan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II.

Sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun :

  • Pada tahun 1863 terbentuk asosiasi sepak bola Inggris
  • Pada tahun 1885 terdapat pertandingan sepak bola diluar wilayah Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika
  • Pada tahun1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas tentang pembentukan kelompok yaitu asosiasi sepak bola dunia
  • Pada tahun 1888 terdapat wasit menjadi pemegang penih permainan sepak bola
  • Pada tahun 1904, dibentuk Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) do Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Prancis.

Baca Juga : Sejarah Keruntuhan Tembok Berlin 

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) didirikan pada tahun 1904 di Prancis. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memiliki slogan “FOR THE GAME, FOR THE WORLD”. FIFA adalah badan internasional pengatur sepak bola, FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar kepada pemain sepak bola terbaik di dunia, dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberikan sebuah kode tiga huruf (Tigram FIFA) kepada negara anggota dan negara non-anggota FIFA. Sampai saat ini terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) terletak di Zurich, Swiss. Kompetisi terpenting yang diadakan oleh FIFA yaitu pertandingan sepak bola seluruh dunia atau yang sering kita sebut piala dunia. Pada babak final piala dunia adalah tontonan yang paling digemari melebihi Olimpiade. BBC adalah stasiun TV pertama kali yang menayangkan acara sepak bola pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 dengan menggunakan fitur replay pada setiap pertandingan sepak bola. Kemudian FIFA memperlebar sayapnya dengan mendirikan beberapa badan asosiasi regional yang terdiri atas beberapa negara, yaitu :

  • UEFA atau Union of European Football Associations. Didirikan pada tahun 1954 dengan 53 anggota yang menaungi negara-negara Eropa. Turnamen utama dalam UEFA adalah UEFA European Championship.
  • CAF atau Confederation Africaine de Football. Didirikan pada tahun 1957 dengan 53 anggotan + 2 rekan yang menaungi negara-negara Afrika. Turnamen utama adalah African Cup Of Nations.
  • AFC atau Asian Football Confederation. Didirikan pada tahun 1954 dengan 46 anggota yang menaungi negara-negara Asia. Turnamen utama dari AFC adalah Asian Cup.
  • CONMEBOL atau Confederación Sudamericana de Fútbol. Didirikan pada tahun 1916 dengan 10 anggota yang menaungi negara-negara Amerika Selatan. Turnamen utama yaitu Copa Amerika.
  • CONCACAF atau Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football. Didirikan pada tahun 1961 dengan 40 anggota yang menaungi Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia. Turnamen utama CONCACAF Gold Cup.
  • OFC atau Oceania Football Confederation. Didirikan pada tahun 1966 dengan 11 anggota + 6 rekan yang menaungi negara-negara di Oseania. Turnamen utamanya adalah OFC Nations Cup.

Baca Juga :

Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan dalam permainan sepak bola diresmikan oleh IFAB (International Football Association Board) yang terdiri dari satu perwakilan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Asosiasi Sepak Bola Wales, Asosiasi Sepak Bola Irlandia, The Football Association, dan empat wakil dari FIFA (Federation Internationale de Football Asociation).

[accordion]
[toggle title=”1. Lapangan Sepak Bola ” state=”closed”]

Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan rumput sintetis atau rumput alami. Panjang dari lapangan adalah 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Dibagian ujung lapangan terdapat gawang berbentuk persegi empat dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Dibagian depan gawang terdapat area pinalti dengan jarak 16,5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola menggunakan tangan. Terdapat pula zona pergantian pemain yang terdapat di sisi garis tengah lapangan. (Baca Juga : Sejarah Benua Atlantis )

[/toggle]

[toggle title=”2. Bola “]

Bola yang digunakan dalam bermain sepak bola adalah yang berbentuk bulat dan memiliki keliling bola 68-70 cm (27-28 inci). Bola yang digunakan terbuat dari karet atau karet sintetis (karet buatan). Berat bola dari awal permainan 410-450 gram (14-16 ons) dan memiliki tekanan udara 0,60 -0,70 atmosfer. Jika bola saat digunakan untuk bermain mengalami kerusakan, maka harus diganti dengan bola cadangan dan diletakkan pada posisi sebelumnya. Ada 5 macam karakteristik dan ukuran masing-masing bola, yaitu :

  • Bola ukuran 5. Bola ukuran 5 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia 12 tahun keatas. Bola ukuran 5 memiliki keliling 68-70 cm (27-28 inci) dan berat bola 410-450 gram (14-16 ons).
  • Bola Ukuran 4. Bola ukuran 4 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia 8 sampai 12 tahun. Bola ukuran 4 memiliki keliling 64-66 cm (25-26 inci) dan berat bola 348-468 gram (12-13 ons).
  • Bola ukuran 3. Bola ukuran 3 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia dibawah 8 tahun. Bola berukuran 3 memiliki keliling bola 58-61 cm (23-24 inci) dan berat bola 312-340 gram (11-12 ons).
  • Bola ukuran 2. Bola ukuran 2 biasa digunakan untuk pertandingan promosi.
  • Bola ukuran 1. Bola ukuran 1 biasa digunakan untuk pertandingan promosi.

[/toggle]
[toggle title=”3. Pemain Sepak Bola  “]

Dalam permainan sepak bola terdapat 11 orang pemain dan maksimal 12 orang pemain cadangan. Dalam aturan yang dibuat FIFA pergantian pemain dalam sebuah tim hanya dilakukan sebanyak 3 kali. Namun untuk pertandingan nasional bisa melakukan pergantian pemain sebanyak 7 kali. Kapten tim adalah jabatan  seseorang yang terpilih diantara pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim dilapangan. Berikut pemain dalam pemain sepak bola beserta tugasnya yaitu :

1. Penjaga Gawang atau Goal-Keeper 

Penjaga gawang atau Goal-Keeper adalah satu-satunya pemain yang dapat menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang akan masuk kedalam gawang dari serangan tim lawan. Posisi yang harus diduduki seorang penjaga gawang adalah orang yang berbadan tinggi dan besar. Penjaga gawang juga harus mempunyai tendangan yang kuat untuk melempar atau mengarahkan bola kepada teman satu tim dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan timnya, seperti mengulur waktu untuk menendang bola.

2. Pemain Bertahan atau Back 

Tugas dari Back adalah untuk menjaga dan melindungi kiper ketika menguasai bola, mencegah serangan lawan, serta memblok tembakan dari pemain lawan. Posisi pemain bertahan atau back harus kuat, fit, pekerja keras, dan bergerak cepat dalam mengantisipasi pergerakan lawan. Berikut 4 macam posisi sebagai pemain bertahan dalam sebuah pertandingan sepak bola :

  • Back Tengah (Center-Back). Tugas dari Back Tengah adalah menjaga daerah tengah pertahanan. Pemain back tengah selalu berada dibagian belakang formasi bersama dengan kiper untuk mencegah terjadinya gol.
  • Back sayap (Wings-Back). Back sayap dibagi menjadi 2 yaitu back sayap kanan dan back sayap kiri. Tugas dari back sayap adalah menjaga daerah pertahanan sayap dan sesekali back sayap maju untuk membantu serangan tim dari daerah sayap dengan memberikan serangan dukungan atau umpan.
  • Penyapu (Sweeper). Posisi penyapu tepat berada didepan kiper atau penjaga gawang. Seorang penyapu (sweeper) tidak perlu memiliki kemampuan atau teknik yang spesial karena tugas dari pemain penyapu adalah mengawasi dan mendeteksi adalah bahaya bola akan masuk ke gawang, lalu menyapunya.
  • Gelandang (Midfielder). Posisi gelandang berada diantara para back dan penyerang. Tugas dari gelandang mencegah agar serangan lawan tidak sampai ke wilayah pertahanan dan menggiring bola sampai kedepan untuk diberikan kepada penyerang. Gelandang ada 4 pembagian yaitu Gelandang Bertahan, Gelandang Tengah, Gelandang Serang, dan gelandang sayap yang semua bertugas untuk mencegah serangan dari tim lawan.

3. Penyerang (Forward) 

Penyerang adalah pemain yang paling dekat posisinya dengan gawang tim lawan. Tugas utama penyerang adalah menciptakan gol. Ada 3 hal yang harus dimiliki seorang pemain penyerang yaitu teknik, kecepatan, dan bakat. Penyerang atau forward dibagi menjadi beberapa bagian sesuai posisi dan tugasnya.

  • Penyerang tengah (Center-Forward). Penyerang tengah biasa disebut dengan Striker yang bertugas menciptakan gol dari umpan-umpan yang diberikan rekan timnya dan memberikan ruang untuk gelandang dan pemain sayap dengan cara mengalihkan perhatian lawan main.
  • Penyerang sayap (Wings-Forward). Tugas dari penyerang sayap adalah membantu serangan dari sektor sayap dan memberikan umpan-umpan kepada striker agar striker dapat mencetak gol.

[/toggle]
[toggle title=”4. Perlengkapan Permainan Sepak Bola “]

  • Kaos Bernomor atay Jersey

Penggunaan kaos bernomor sudah diberlakukan sejak tahun 1954. Jersey harus terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat saat melakukan pertandingan sepak bola. Setiap club bola mempunyai beberapa jersey untuk beberapa musim. Warna dari jersey juga harus berbeda dari club satu dengan club lainnya. Karena jika memiliki warna yang sama, saat bertanding tidak dapat membedakan mana teman mana lawan.

Kaos kaki merupakan perlengkapan penting saat melakukan pertandingan sepak bola. Kaos kaki digunakan agar terhindar dari cidera dan tempat untuk menggunakan pelindung tulang kering atau disebut dengan Shinguards. Kaos kaki dalam satu tim harus dengan warna yang sama.

Bahan yang digunakan celana pendek dalam permainan sepak bola harus menyerap keringat. Warna celana setiap club harus sama, agar terhindar dari salah mana teman mana lawan.

Sarung tangan hanya digunakan oleh pemain penjaga gawang atau kiper. Sarung tangan dibuat sedemikian rupa agar memudahkan kiper saat menangkap bola dan melindungi tangan dari kerasnya hantaman bola.

[/toggle]
[toggle title=”5. Wasit “]

Wasit merupakan pengukur waktu pertandingan resmi. Tugas Dari wasit adalah :

  • Mengendalikan jalannya pertandingan sepak bola
  • Memastikan bola yang dipakai dalam pertandingan sudah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan
  • Memastikan bahwa kedua tim telah lengkap dengan 11 orang pemain
  • Memastikan bahwa kedua tim memakai jersey dengan warna yang sama dan lengkap semua atribut untuk melakukan pertandingan
  • Mengatur waktu dan mencatat semua proses pertandingan
  • Menunda, menghentikan, dan mengakhiri pertandingan apabila dalam jalannya pertandingan terjadi gangguan dari pihak luar
  • Menunda, menghentikan, dan mengakhiri pertandingan apabila pemain dari salah satu tim mengalami cidera yang parah
  • Menunda, menghentikan, dan mengakhiri pertandingan apabila terjadi pelanggaran dalam pentandingan sepak bola

[/toggle]
[toggle title=”6. Asisten Wasit (Lines Man) “]

Seorang wasit dibantu oleh 2 orang yang disebut dengan asisten wasit, karena seorang wasit saja tidak mampu untuk mengontrol 22 orang dari kedua tim. Asisten wasit atau yang biasa disebut hakim garis bertugas membawa bendera dan menandakan jika terjadi off side, bola keluar, atau tendangan sudut. Penggunaan 4 hakim garis pernah dicoba dalam piala dunia 2010, dimana 2 diantaranya berada dibelakang gawang. (Baca Juga : Sejarah Benua Amerika )

[/toggle]
[toggle title=”7. Waktu Pertandingan“]

Waktu pertandingan dalam permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Pada kasus dimana terjadi pelanggaran hingga cedera, pergantian pemain maka waktu pertandingan dapat ditambah. Namun apabila permainan selama 2 x 45 menit, score antara kedua tim sama atau seri maka akan dilakukan penambahan waktu 2 x 15 menit. Dan jika penambahan waktu 2 x 15 menit score masih sama atau seri maka akan dilakukan tendangan pinalti.

[/toggle]
[toggle title=”8. Kick Off“]

Kick off atau biasa kita sebut dengan tendangan pembuka. Kick off dilakukan saat :

  • Ketika pertandingan sepak bola dimulai
  • Ketika terjadi gol
  • Ketika babak kedua pertandingan dimulai
  • Ketika babak perpanjangan waktu pertandingan dimulai

[/toggle]
[toggle title=”9. Bola Keluar (Out Ball)“]

Out Ball atau bola keluar terjadi saat bola melayang atau menggelinding melewati garis lapangan atau garis gawang. Ketika bola keluar maka yang biasa dilakukan adalah melakukan lembaran kedalam. Namun saat bola keluar melewati garis gawang maka yang akan dilakukan adalah tendangan sudut. Apabila ada pemain yang cidera, wasit berhak untuk mengeluarkan bola dari lapangan pertandingan sepak bola. (Baca Juga : Sejarah Kabah )

[/toggle]
[toggle title=”10. Peraturan Gol“]

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk kedalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain yang dalam keadaan offside, pelanggaran, atau pun hands ball. Semua keputusan gol atau tidaknya ditentukan oleh wasit sebagai pemimpin dalam pertandingan sepak bola.

[/toggle]
[toggle title=”11. Offside dan Onside“]

Offside terjadi apabila salah satu pemain mengoper bola kepada pemain lainnya tetapi berada sedikit didepan back pertahanan tim lawan. Namun kebalikan dari onside adalah salah satu pemain mengoper bola ke pemain lain sedikit dibelakang back pertahanan tim lawan. Asisten wasit adalah orang yang menentukan offside atau pun onside dengan cara mengangkat bendera keatas. Kadang offside menjadi kontroversi sendiri antara wasit dengan pemain, karena terkadang hakim garis juga bisa salah dalam menentukan kondisi offside.

[/toggle]
[toggle title=”12. Lemparan Kedalam ( Throw in)“]

Lemparan kedalam dilakukan saat bola melewati garis lapangan. Pemain yang melakukan lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan. Dalam melakukan lemparan, pemain dilarang untuk mengulur waktu dan juga mengangkat kakinya.

[/toggle]
[toggle title=”13. Tendangan Gawang“]

Tendangan gawang terjadi melewati garis gawang karena pemain lawan. Penjaga gawang atau pemain dalam satu tim boleh melakukan tendangan gawang asalkan tidak melewati batas garis penjaga gawang atau kiper.

[/toggle]
[toggle title=”14. Tendangan Sudut (Corner Kick) “]

Tendangan sudut dilakukan karena bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain back dan tendangan akan dilakukan oleh pemain lawan. Letak tendangan sudut sesuai dengan keluarnya bola disebelah kanan atau kiri gawang.

[/toggle]
[toggle title=”15. Peraturan Pergantian Pemain “]

Peraturan dalam FIFA menyebutkan bahwa pergantian pemain hanya sebanyak 3 kali saja. Namun saat melakukan pertandingan persahabatan pergantian pemain dapat dilakukan hingga 7 kali.

[/toggle]
[toggle title=”16. Pelanggaran dan Hukumannya“]

Pelanggaran bisa terjadi karena terjadi tackle yang terlalu keras, hands ball, mendorong lawan main, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan lain sebagainya. Pelanggaran macam ini dapat dikenakan kartu kuning. Namun apabila pemain melakukan pelanggaran hingga mendapatkan kartu kuning dua kali maka otomatis pemain mendapat kartu merah dan harus keluar dari pertandingan. Selain mendapat kartu kuning sebanyak dua kali, apabila anda melakukan pelanggaran keras atau arogan anda bisa saja mendapatkan kartu merah. Pemain yang mendapat kartu kuning sebanyak 3 kali maka tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan berikutnya di kompetisi yang sama. (Baca Juga : Sejarah Machu Picchu (Peru) Sejak Ditemukan )

[/toggle]
[toggle title=”17. Tendangan Bebas (Free Kick) “]

Tendangan bebas terjadi karena suatu pelanggaran yang keras. Ada dua jenis tendangan bebas, yaitu :

  • Tendangan Bebas Langsung adalah tendangan bebas yang dilakukan dengan menendang bola langsung menuju gawang.
  • Tendangan Bebas Tidak Langsung adalah tendangan bebas yang dilakukan menendang bola atau mengoper kepada teman satu tim terlebih dahulu.

[/toggle]
[toggle title=”18. Tendangan Pinalti “]

Tendangan pinalti dilakukan saat pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak pinalti, entah hands ball, menjatuhkan pemain lawan dengan sengaja dan pelanggaran lainnya. Salah seorang pemain akan ditunjuk untuk mengeksekusi bola menuju gawang. Tendangan dilakukan pada jarak 16,5 meter dari gawang.

[/toggle]
[/accordion]

Baca Juga :

Formasi yang Biasa Digunakan Saat Permainan Sepak Bola

  1. 4-4-2 ( Taktik klasik, 4 pemain belakang, dan 2 Gelandang Sayap )
  2. 4-4-1-1 ( 2 Gelandang Sayap, 1 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  3. 4-2-4 ( dengan 2 Gelandang Sayap )
  4. 4-3-2-1 ( 3 Gelandang Tengah, 2 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  5. 4-3-1-2 ( 4 Back, 3 Gelandang Bertahan, 1 Penyerang, 2 Striker)
  6. 4-5-1 ( 4 Back, 2 Penyerang Sayap, 3 Gelandang, 1 Striker )
  7. 4-3-3 ( 4 Back , 3 Gelandang bertahan, 2 penyerang sayap, 1 Striker )
  8. 4-2-3-1 ( 2 Back Tengah, 2 Back Sayap, 2 Wings, 1 Penyerang, 1 Striker )
  9. 4-3-3 ( 2 Back Sayap, 2 Back Tengah, 2 Sayap, 1 Gelandang Bertahan, 3 Striker Tengah )
  10. 4-1-4-1 ( 4 Back, 1 Gelandang Bertahan, 4 Gelandang, 1 Striker )
  11. 3-4-3 ( dengan Winger )
  12. 3-5-2 ( dengan Libero atau Sweeper )
  13. 3-5-2 ( tanpa Libero atau Sweeper )

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Perkembangan sepak bola di Indonesia tidak terlepas dari pedagang dari cina yang datang tidak hanya untuk berdagang, namun juga menyebarkan sepak bola pada masyarakat Indonesia. Telah tercatat pada tahun 1915 sudah terdapat banyak club sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tiong Hoa. Pada tahun 1920 terdapat club sepak bola seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang menjadi club ter hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Peristiwa penting pula dalam sejarah sepak bola indonesia yaitu pada tanggal 19 April 1930 didirikan PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang bertugas menaungi club sepak bola yang ada di Indonesia. Sejarah sepak bola di Indonesia tidak lepas dari seorang tokoh yang bernama Soeratin Sosrosoegondo. Beliau merupakan anak seorang pribumi yang yang telah mengikuti sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Menurutnya sepak bola adalah salah satu meningkatkan rasa Nasionalisme untuk melawan Belanda. Namun pada tahun 1938, Soeratin Sosrosoegondo memutuskan secara sepihak dengan NIVU karena beliau kesal setiap kali mengikuti pertandingan sepak bola selalu menggunakan bendera NIVU atau Belanda. Namun untuk beberapa waktu, sepak bola di Indonesia mengalami vakum. Karena Jepang telah berhasil mengusir Belanda dan menjajah Indonesia.

Prestasi Terbaik Timnas Di Sepak Bola Internasional

  1. Tampil pada piala dunia pada tahun 1938
  2. Semifinal Asian Games pada tahun 1954
  3. Menahan imbang Uni Soviet pada Olimpiade Melbourne pada tahun 1956
  4. Mendapat medali perunggu pada Asian Games pada tahun 1958
  5. Juara Pesta Sukan pada tahun 1972
  6. Semifinal SEA Games pada tahun 1977
  7. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1962
  8. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1969
  9. Juara Piala Raja pada tahun 1968
  10. Semifinal Asian Games pada tahun 1986
  11. Juara Piala Kemerdekaan pada tahun 1987
  12. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1961
  13. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1979
  14. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1981
  15. Semifinal SEA Games pada tahun 1985
  16. Juara SEA Games pada tahun 1987
  17. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1989
  18. Juara SEA Games pada tahun 1991
  19. Semifinal SEA Games pada tahun 1993
  20. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1997
  21. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1999
  22. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 2011
  23. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 2013
  24. Finalis Piala Tiger pada tahun 2000
  25. Finalis Piala Tiger pada tahun 2002
  26. Finalis Piala Tiger pada tahun 2004
  27. Finalis piala AFF pada tahun 2010

Begitulah sejarah sepak bola di dunia maupun di Indonesia. Dalam permainan sepak bola juga terdapat banyak peraturan yang harus dipatuhi agar tidak merugikan tim sendiri. Tetap lestarikan sepak bola dan dukung terus Tim Nasional Indonesia untuk menambah rasa Nasionalisme dalam diri kita.