Sejarah Microsoft Word dari Awal Terbentuk – Sejarah

by

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Word. Hampir semua orang di dunia yang mengenal komputer atau setidaknya bersekolah pernah menggunakan Microsoft Word sebagai alat untuk membantu mereka membuat tugas, menulis berita atau artikel dan berbagai kegunaan lainnya. Namun apakah setiap orang yang menggunakan microsoft word mengetahui kapan microsoft word pertama kali dibuat dan siapa yang membuatnya? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan itu.

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan ke dunia pada tanggal 25 Oktober 1983. Saat itu, namanya bukan Microsoft Word, melainkan Multi-Tool Word. Pada awal peluncurannya, Multi-Tool Word hanya bisa digunakan untuk sistem Xenix, karena pada saat itu belum ada Microsoft Windows.

Pada tahun-tahun berikutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, dikembangkanlah Multi-Tool Word sehingga dapat digunakan oleh beberapa platform lain, seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komputer AT&T Unix, Atari ST, OS/2, SCO Unix dan macOS . Perangkat lunak baru ini tersedia untuk Microsoft Windows pada tahun 1989.

Baca juga:

Awal Manufaktur

Pada tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi, pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama di dunia. Simonyi mulai mengerjakan pengolah kata bernama Multi-Tool Word dibantu oleh Richard Brodie, mantan karyawan Xerox. Brodie menjadi pengembang utama Multi-Word Tool di tahun-tahun berikutnya.

Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS pada tahun 1983. Nama tersebut kemudian disederhanakan menjadi Microsoft Word. Tidak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya pada saat itu, Microsoft Word dirancang untuk digunakan dengan mouse. Kemampuan Word pada saat itu terbatas pada kemampuan untuk membalikkan, menampilkan teks dalam huruf tebal, miring dan bergaris bawah atau underline.

Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata lainnya, WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tahun demi tahun Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam waktu enam tahun. Pada tahun 1985, Microsoft merilis Word yang dapat digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak dirilis untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS lebih tinggi dari penjualan perangkat MS-DOS selama kurang lebih empat tahun.

Artikel lain:

Dianugerahi Terbaik

Rilis kedua untuk Mac OS jatuh pada tahun 1987 dengan nama Word 3.0. Rilis ini dibuat untuk sinkronisasi antara pengguna Mac OS dan DOS. Ini adalah pertama kalinya pengguna Mac OS dengan DOS dapat bertukar file Word. Word 3.0 hadir dengan banyak peningkatan dan fitur baru, salah satunya adalah penerapan Rich Text Format (RTF) untuk pertama kalinya. Namun sayangnya implementasi RTF ini memiliki beberapa kesalahan bug. Namun beberapa bulan kemudian, Microsoft merilis versi 3.01 yang memperbaiki bug tersebut. Versi 3.01 dikirimkan gratis ke pengguna Word 3.0 yang terdaftar.

Pada pertengahan 90-an, perangkat Word di Mac OS tidak memiliki persaingan nyata. MS Word 5.1 yang dirilis pada tahun 1992 sangat populer di kalangan pengguna komputer karena tampilannya yang elegan, kemudahan penggunaan dan fitur yang sangat berguna. Banyak pengguna bahkan mengatakan bahwa MS Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Kata untuk Windows

Versi pertama Word untuk Microsoft Windows dirilis pada tahun 1989. Dengan dirilisnya Windows 3.0 pada tahun berikutnya, penjualan Word meningkat secara dramatis dan Microsoft menjadi pemimpin pasar perangkat lunak pengolah kata untuk komputer IBM.

Pada tahun 1991, Word 5.5 dirilis ke pasar. Tampilan Word yang diperbarui menggunakan tampilan yang menyerupai aplikasi Windows lainnya. Pada tahun yang sama, Microsoft mengembangkan sebuah proyek bernama Pyramid yang tujuannya adalah merombak total Microsoft Word. Microsoft membuat basis pengkodean yang sama untuk Word versi Windows dan Word versi Mac OS.

Namun proyek ini kemudian ditinggalkan karena proyek ini akan memakan waktu yang sangat lama jika Word dibuat dari awal bukan pengerjaan ulang Microsoft Word yang sudah ada. Di Word versi 6.0 akhirnya dibuat dari kode yang diambil dari kode Windows 2.0. Word 6.0 menghadirkan fitur AutoCorrect yang berfungsi untuk mengoreksi kata yang salah eja secara otomatis.

Kata untuk Mac

Pada tahun 1997, Microsoft membentuk Unit Bisnis Macintosh, grup independen di dalam perusahaan Microsoft yang berfokus pada pengerjaan perangkat lunak yang ditujukan untuk dirilis pada perangkat Mac OS. Versi Word pertama yang berhasil diproduksi oleh grup ini adalah Word 98.

Word 2001 yang keluar pada tahun 2000 menyertakan beberapa fitur baru, seperti Office Clipboard. Fitur ini memungkinkan pengguna Word untuk menyalin dan menempelkan banyak hal sekaligus. Word 2001 adalah yang terakhir dirilis oleh Microsoft untuk perangkat Mac OS klasik. Pada perangkat yang lebih canggih, yaitu Mac OS X, Microsoft merilis Word X.

Word 2004 dirilis pada Mei 2004. Fitur bawaannya adalah tampilan Tata Letak Notebook yang memudahkan pengguna untuk menulis di Word hanya dengan menggunakan suaranya. Word 2008, yang keluar pada Januari 2008 (tampaknya merupakan kebiasaan Microsoft untuk menamai produk berdasarkan tahun rilis) hadir dengan fitur Galeri Elemen. Fitur ini dapat digunakan untuk memilih tata letak halaman dan menyisipkan diagram dan gambar.

Word 2011, dirilis pada Oktober 2010, menggantikan fitur Galeri Elemen dengan tampilan Pita yang mirip dengan Office untuk Windows. Word 2011 hadir dengan mode layar penuh yang membantu pengguna fokus membaca atau menulis dokumen.

Artikel Sejarah Lainnya:

Fitur Pilihan Pengguna

Ada banyak fitur di Microsoft Word. Fitur-fitur ini meliputi:

  1. Peluru dan penomoran
    Fitur ini sangat memudahkan pengguna Word untuk membuat daftar saat mengerjakan dokumen. Fitur ini juga membantu untuk menulis nomor halaman secara otomatis.
  2. Kata sandi
    Ada tiga jenis kata sandi yang dapat digunakan pada dokumen MS Word:
    Kata sandi untuk membuka dokumen
    – Kata sandi untuk mengubah dokumen
    – Kata sandi untuk membatasi pengeditan dokumen
  3. Seni Kata
    Fitur ini membantu pengguna memasukkan kata dengan cara yang menarik dan unik. Biasanya WordArt digunakan untuk presentasi agar tidak membosankan untuk dilihat.