Sejarah Berdirinya Facebook – Jejaring Sosial Besar – Sejarah

by

Facebook, Inc. adalah perusahaan media sosial dan jejaring sosial online Amerika yang berbasis di Menlo, California, Amerika Serikat. Facebook adalah layanan jejaring sosial yang awalnya diluncurkan dengan nama Face Mash pada Juli 2003, dan kemudian berganti nama menjadi Facebook pada 4 Februari 2004. Sejarah Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan kawan-kawan di asrama kampusnya di Universitas Harvard, yaitu Eduardo Saverin , Andrew McCollum , Dustin Moskowitz dan Chris Hughes.

Hari ini Facebook dianggap sebagai salah satu perusahaan teknologi Empat Besar bersama dengan Amazon, Apple dan Google. Keanggotaan di situs web ini awalnya terbatas pada mahasiswa Harvard, tetapi kemudian diperluas ke kampus Ivy League di Boston, dan seiring waktu diperluas ke sebagian besar universitas di Amerika Serikat dan Kanada, perusahaan, dan pada September 2006 termasuk siapa saja yang memiliki alamat. email yang valid dengan persyaratan usia minimal 13 tahun ke atas.

Masa Kecil Mark Zuckerberg

Sejarah berdirinya Facebook tidak lepas dari masa kecil pendirinya, Mark Zuckerberg, yang sejak kecil menunjukkan bakat pemrograman komputer. Ayahnya yang mengerti pentingnya coding, pernah mengajari Zuckerberg program pemrograman komputer dasar ATARI. Saat berusia 11 tahun, orang tuanya menyewa seorang pengembang perangkat lunak bernama David Newman untuk mengajarinya. Dalam beberapa tahun, dia mampu membuat program bermanfaat bernama ZuckNet yang berfungsi seperti pesan instan internal.

Saat belajar di Phillips Exeter Academy, dia menciptakan Synapse, sebuah perangkat lunak yang mempelajari selera musik penggunanya melalui kecerdasan buatan dan kebiasaan mendengarkan musik, memimpin AOL dan Microsoft untuk menawarinya posisi di perusahaan mereka. Namun Zuckerberg menolak dan memilih melanjutkan studinya di Harvard. Pelajari juga tentang sejarah pendirian Aqua, sejarah Google, dan sejarah pendirian Apple.

Pengembangan Face Mash

Sejarah Facebook dimulai dengan sejarah Face Mash seperti pendahulunya yang dibuka pada tahun 2003. Dikembangkan oleh Mark Zuckerberg yang merancang perangkat lunak untuk situs web Facemash ketika ia berada di tahun keduanya di universitas. Situs ini dirancang sebagai semacam permainan untuk mahasiswa Harvard yang memungkinkan pengunjung untuk membandingkan dua mahasiswi dengan foto berdampingan dan pengunjung untuk memutuskan mana yang lebih seksi atau lebih menarik. Face Mash menggunakan foto-foto yang dikumpulkan dari ‘buku muka’ sembilan mahasiswi Harvard, meletakkannya berdampingan dan meminta pengguna memilih siapa yang lebih menarik. Cara ini mampu menarik sebanyak 450 pengunjung dan 22.000 view pada gambar yang diposting dalam empat jam pertama secara online.

Situs tersebut dengan cepat dibagikan dengan beberapa grup server kampus, tetapi beberapa hari kemudian situs tersebut dinonaktifkan oleh administrator Harvard. Karena tidak mendapat izin resmi, tak heran banyak pihak yang merasa dirugikan. ‘Face book’ adalah direktori siswa yang berisi foto dan informasi dasar. Saat itu belum ada database siswa online tetapi hanya file cetak dan direktori online pribadi. Zuckerberg menghadapi deportasi dan telah dituntut karena melanggar keamanan, pelanggaran hak cipta, dan melanggar privasi individu.

Tuduhan itu akhirnya dibatalkan oleh Dewan Pengawas Harvard dan Zuckerberg menghabiskan proyek besar semester itu untuk menciptakan alat studi sosial sebelum ujian akhir sejarah seninya. Dia mengunggah semua gambar seni ke situs web, yang masing-masing menyertakan bagian komentar korespondensi, kemudian membagikan situs tersebut dengan teman sekelasnya, dan orang-orang kemudian mulai berbagi catatan satu sama lain.

Peluncuran Facebook

Sejarah Pendirian Facebook Pada Januari 2004, Zuckerberg memulai coding dan meluncurkan Thefacebook pada Februari 2004. Dengan nama yang sedikit berbeda, program ini cukup familiar. Program ini menyertakan profil tempat pengguna dapat mengunggah foto, berbagi minat, dan terhubung dengan orang lain, juga menawarkan visualisasi jaringan hubungan pengguna. Pada bulan pertama sekitar 50 persen siswa telah bergabung, tetapi kemudian Zuckerberg menghadapi masalah lain: dia digugat.

Sebelumnya dia mengerjakan proyek yang sama dengan sesama mahasiswa Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra dan keluar untuk mengembangkan facebook. Tetapi mantan rekannya mengatakan dia mencuri konsep dan ide mereka dan menginginkan kompensasi. Mereka akhirnya mencapai penyelesaian pada tahun 2008 dengan masing-masing menerima 1,2 juta lembar saham Facebook. Pertumbuhan facebook sangat pesat dan pada akhir tahun 2004, keanggotaan dibuka untuk hampir semua universitas di Amerika dan Kanada, dan masih banyak orang yang ingin bergabung.

Pada bulan Juni 2004, operasi perusahaan dipindahkan ke Palo Alto, California dan mengakuisisi beberapa investasi penting. Salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel, kemudian bergabung dengan dewan direksi perusahaan dan mendapatkan pendanaan sebesar $500.000. Pada Mei 2005 Thefacebook menerima lebih banyak dana. Investasi kali ini berjumlah 12,7 juta dolar dari Accel dan 1 juta dolar dari dana pribadi pengusaha kapitalis Jim Breyer. Pada bulan Agustus kata ‘the’ dihilangkan dan perusahaan tersebut secara resmi bernama Facebook, dengan biaya domain sebesar $200.000. Bulan berikutnya siswa sekolah menengah diterima, bersama dengan karyawan di Microsoft dan Apple sehingga perusahaan siap untuk masuk sebagai basis siswa.

Pada bulan November sebuah keputusan penting diambil oleh Zuckerberg dengan mengumumkan kepergiannya dari Harvard setelah mengambil cuti semester. Setelah beberapa investasi yang signifikan dan pertumbuhan keanggotaan yang cepat, dia siap mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk menjalankan perusahaannya sebagai CEO, bukan sebagai pemrogram. Dengan dedikasi penuh waktu Zuckerberg, Facebook melanjutkan rencana ekspansinya. Pada bulan Desember, universitas Australia dan Selandia Baru juga bergabung, bersama dengan sekolah menengah dari Meksiko, Inggris, dan Irlandia. Artinya, sudah ada 2500 siswa dan 25000 sekolah menengah yang memiliki akses Facebook. Pelajari juga sejarah radio, sejarah televisi di Indonesia, sejarah Microsoft Word dan sejarah berdirinya Al Azhar, Mesir.

Program tersebut tidak dibuka untuk umum hingga September 2006 dan beroperasi secara global. Pada Mei 2007 dalam sejarah Facebook, mereka membuka fitur Marketplace, yang memungkinkan pengguna memposting iklan untuk menjual produk dan layanan. Pada saat yang sama, program Pengembang Aplikasi Facebook juga diluncurkan, membuka pintu bagi pengembang untuk membuat aplikasi dan game mereka sendiri yang terhubung ke Facebook. Platform ini juga melihat ke belakang profil pribadi untuk memanfaatkan peluang bisnis. Pada akhir tahun 2007, lebih dari 100 ribu perusahaan telah bergabung, dengan peluncuran Halaman Bisnis untuk mendukungnya. Mereka kemudian membuat rencana untuk membangun iklan dan pendapatan agar iklan di platform dapat diakses oleh bisnis terkecil sekalipun.

Pada tahun 2008, Facebook meluncurkan Obrolan Facebook, yang memungkinkan pengguna terhubung lebih cepat dengan teman dan keluarga. Konsepnya pada dasarnya tidak berbeda dengan ZuckNet. Ada juga fitur Peope You May Know, Facebook Wall, dan Facebook Connect yang diluncurkan pada tahun yang sama. Saat ini Facebook berencana menggabungkan Instagram dan WhatsApp agar pengguna ketiga aplikasi ini dapat berkomunikasi lintas aplikasi.