West Ham dikaitkan dengan langkah mengejutkan untuk mendatangkan N’Golo Kante

by

West Ham United tertarik untuk membawa kembali mantan gelandang Leicester City dan Chelsea N’Golo Kante ke Liga Premier, sebagaimana diungkapkan sejumlah laporan.

Pemain berusia 33 tahun itu pindah ke Arab Saudi musim panas lalu untuk bergabung dengan Al Ittihad dengan kontrak empat tahun, bergabung dengan eksodus besar-besaran pemain terkenal ke Timur Tengah yang mencakup Karim Benzema dan Neymar.

Di puncak kariernya, Kante merupakan gelandang bertahan terbaik di dunia, dan memainkan peran kunci dalam keberhasilan Leicester yang mengagumkan dalam menjuarai Liga Primer pada tahun 2016. Kemampuannya dengan cepat diakui oleh Chelsea, yang menjuarai gelar tersebut pada musim pertama pemain Prancis itu di Stamford Bridge sebelum kemudian menjuarai Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Dunia Antarklub di antara trofi-trofi papan atas lainnya.

Masalah cedera yang terus bertambah membuat Kante hanya tampil tujuh kali di Liga Primer pada tahun terakhirnya di Chelsea, tetapi ia kembali menunjukkan penampilan terbaiknya di Euro 2024 – memainkan peran utama di lini tengah saat Prancis mencapai semi-final kompetisi tersebut.

Penjaga melaporkan bahwa West Ham sedang bernegosiasi dengan kubu Kante mengenai kepulangannya yang mengejutkan ke Inggris, dan dikatakan ada ‘keinginan’ dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan kesepakatan.

Biaya sebesar £20 juta telah dibicarakan, dengan Klub West Ham Pelatih kepala Julen Lopetegui diketahui merupakan penggemar berat Kante sejak ia menjadi manajer Real Madrid, dan sang pemain sendiri mengisyaratkan sebelum Euro 2024 bahwa kepindahannya kembali ke Eropa mungkin akan terjadi.

Jules Kounde, Kylian Mbappe, Ngolo Kante, Ousmane Dembele

Kante merayakan gol Prancis ke gawang Spanyol bersama rekan setimnya / Soccrates Images/GettyImages

“Tidak, ini belum berakhir,” kata Kante saat ditanya apakah kariernya di Eropa sudah berakhir. “Saya menghargai masukannya. Di Arab Saudi, ini adalah sepak bola baru, pengalaman baru.

“Menemukan kembali perasaan ini bersama tim Prancis adalah hal yang indah, menyentuh hati saya, kami ingin bermain dengan baik. Namun, itu bukan pertanyaan yang saya ajukan kepada diri saya sendiri hari ini.

“Saya merasa baik-baik saja, musim lalu berjalan baik bersama Al Ittihad di Arab Saudi, kami melakukan persiapan yang baik bersama tim Prancis. Saat ini saya merasa baik-baik saja, saya harap ini akan terus berlanjut.”

The Hammers membutuhkan gelandang tengah tambahan. Masa peminjaman Kalvin Phillips dari Manchester City musim lalu terbukti menjadi bencana besar dan Flynn Downes telah diizinkan bergabung dengan Southampton secara permanen – menjadikan Edson Alvarez, Tomas Soucek, dan James Ward-Prowse sebagai satu-satunya pilihan nyata jika Anda mengabaikan Lucas Paqueta yang lebih berpikiran maju.

ANALISIS

N'Golo Kante

Kante telah berada di Timur Tengah selama setahun / Tolib Kosimov/GettyImages

West Ham sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya, dikaitkan dengan pemain-pemain besar sebelum melihat potensi transfer terlupakan.

Kante akan membawa daya tarik bintang, kualitas yang tak diragukan, dan mentalitas pemenang ke Stadion London – semua sifat yang mendorong West Ham menuju level yang ingin mereka capai secara konsisten. Namun, ada kekhawatiran yang jelas bagi para pendukung yang juga harus dipahami, yaitu catatan kebugaran Kante menjelang akhir waktunya di Chelsea dan, mungkin yang lebih penting, gajinya yang sangat tinggi di Saudi.

Saat itu, Kante dilaporkan telah menandatangani kontrak yang membayarnya lebih dari £400.000 per minggu – angka yang jauh melampaui tim-tim terkaya di Liga Primer apalagi West Ham. Agar ada keinginan untuk melakukan kesepakatan dari kedua belah pihak, harus ada indikasi bahwa Kante bersedia menerima potongan besar. Pertanyaannya adalah seberapa rendah ia dan perwakilannya bersedia membayar?

Di usianya yang ke-33, tahun-tahun terbaik Kante sudah berlalu dan bisa dibilang West Ham tidak punya cukup uang untuk menghabiskan £20 juta untuk gelandang yang tidak punya nilai jual kembali. Mereka juga perlu merekrut bek kanan, penyerang tengah, dan mungkin bek tengah lainnya, mengingat masalah lutut Kurt Zouma yang jelas dan hubungan Nayef Aguerd yang terus-menerus dengan kepindahan.

Namun, peluang untuk merekrut pemain seperti Kante tidak sering datang. Waktu akan membuktikan apakah West Ham salah pilih atau tidak, tetapi setidaknya ini adalah prospek yang menarik.

BACA BERITA TRANSFER DAN GOSIP TERBARU DARI SELURUH DUNIA