Uruguay U-20 Juara usai Jinakkan Perlawanan Sengit Italia U-20 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Uruguay U-20 menjadi juara Piala Dunia U-20 2023 di Argentina setelah mengalahkan Italia U-20 di final, Senin (12/6/2023) pagi WIB.

Laga Uruguay vs Italia di Estadio Unico Diego Armando Maradona, La Plata berlangsung sengit sebelum wakil Amerika Selatan itu menang dengan skor tipis 1-0.

Pemain sayap kanan Uruguay Luciano Rodriguez menjadi pahlawan kemenangan negaranya. Dia mencetak gol dengan empat menit waktu normal tersisa.

Gelandang timnas U-20 Italia Tommaso Baldanzi (Kiri) dan bek Uruguay U-20 Alan Matturro (Kanan) memperebutkan bola saat final Piala Dunia U-20 Argentina 2023 antara Uruguay vs Italia di stadion Estadio Unico Diego Armando Maradona di La Plata , Argentina , pada 11 Juni 2023. Luis ROBAYO / AFP.

Rodriguez bereaksi dengan baik untuk menerima umpan silang di dalam kotak dan kemudian melepaskan sundulan sempurna yang terbang rendah ke sisi kiri gawang.

Gol tersebut tercipta hanya semenit setelah wasit Glenn Nyberg membuat bingung kedua tim dengan menurunkan pemain Italia Matteo Prati dari kartu merah menjadi kartu kuning setelah sang pemain bersikap kasar kepada lawannya.

Tak hanya itu, selebrasi pemain dan staf pelatih Uruguay pun harus ditunda karena wasit memilih meninjau proses gol melalui video asisten wasit (VAR).

Bek Uruguay U-20 Alan Matturro (tengah) berebut bola dengan gelandang Italia U-20 Cesare Casadei (kiri) dan Giacomo Faticanti (kanan) saat final Piala Dunia U-20 Argentina 2023 antara Uruguay vs Italia di Estadio Unico Stadium Diego Armando Maradona di La Plata, Argentina, pada 11 Juni 2023. Luis ROBAYO / AFP.  Alejandro PAGNI/AFP.
Bek Uruguay U-20 Alan Matturro (tengah) berebut bola dengan gelandang Italia U-20 Cesare Casadei (kiri) dan Giacomo Faticanti (kanan) saat final Piala Dunia U-20 Argentina 2023 antara Uruguay vs Italia di Estadio Unico Stadium Diego Armando Maradona di La Plata, Argentina, pada 11 Juni 2023. Luis ROBAYO / AFP. Alejandro PAGNI/AFP.

Wasit Glenn Nyberg ingin memastikan apakah gol pertama Uruguay dinyatakan offside atau tidak dan VAR akhirnya membuktikan gol Luciano Rodriguez valid hingga tim asuhan Marcelo Broli juga melakukan selebrasi di pinggir lapangan.

Italia berusaha mengejar dengan sisa waktu dimana wasit memberikan tambahan waktu +11 menit. Namun, pada akhirnya keunggulan 1-0 Uruguay tak berubah hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini menjadikan Uruguay sebagai yang pertama dalam sejarah yang menjuarai Piala Dunia U-20. Hasil terbaik mereka sebelumnya adalah runner-up pada tahun 1997 dan 2013.

Uruguay juga menjadi tim Amerika Selatan pertama yang memenangkan acara terbesar kedua FIFA sejak terakhir kali Brasil melakukannya pada 2011.

Kemenangan ini dengan demikian meruntuhkan dominasi negara-negara Eropa yang selama satu dekade terakhir selalu tampil juara, yakni Prancis (2013), Serbia (2015), Inggris (2017) dan Ukraina (2019).

Di sisi lain, hasil ini sangat mengecewakan bagi Italia. Mereka harus menunda lagi untuk mencicipi manisnya menjuarai Piala Dunia U-20 dimana pencapaian terbaik mereka sebelum menjadi runner-up edisi 2023 adalah finis ketiga di tahun 2017 yang unik didapat usai mengalahkan Uruguay.