Turki menang dalam pertarungan kuda hitam saat Austria tersingkir dari Euro 2024

by

Dua gol dari bek Merih Demiral membantu Turki memenangkan pertempuran Piala Eropa 2024 kuda hitam saat mereka menyingkirkan Austria di babak 16 besar pada Selasa malam.

Mantan bek tengah Juventus, Demiral, membuka skor pada menit pertama di Stadion Leipzig yang basah kuyup dengan memanfaatkan pertahanan yang lemah dari bola mati, menyambar bola setelah Patrick Pentz menyekop bola dari garisnya tetapi kembali ke zona berbahaya.

Pemain berusia 26 tahun itu, yang hanya mencetak dua gol dalam 47 penampilan internasional pertamanya, menggandakan golnya sesaat sebelum menit ke-60 dengan melompat tinggi untuk dengan ahli menyundul umpan sudut sempurna Arda Guler.

Tim asuhan Vincenzo Montella kini mencapai babak delapan besar Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya sejak 2008, ketika mereka unggul satu putaran sebelum tersingkir oleh Jerman di semi-final.

Ferdi Kadioglu

Turki mempertahankan kemenangan gemilangnya / Dan Mullan/GettyImages

Setelah tampil mengesankan selama babak penyisihan grup dengan secara mengejutkan memuncaki Grup D di depan Prancis dan Belanda, Austria asuhan Ralf Rangnick dikalahkan oleh barisan pertahanan yang lemah, tetapi memberi diri mereka harapan untuk bangkit ketika Michael Gregoritsch datang tanpa pengawalan di tiang belakang untuk mengonversi sundulan Stefan Posch.

Akan tetapi, tak ada gol penyeimbang yang tercipta – penjaga gawang Mert Gunok melakukan penyelamatan kelas dunia pada tambahan waktu babak kedua untuk menjaga keunggulan timnya tetap utuh – dan sebagai gantinya Turki akan menghadapi Belanda di perempat final pada Sabtu malam.

Pertandingan antara delapan negara terakhir dimulai pada Jumat malam saat Spanyol melawan tuan rumah Jerman sebelum Portugal melawan Prancis. Inggris melanjutkan upaya mereka untuk meraih kemenangan melawan Swiss sebelum Turki bertemu dengan Belanda.

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU