Timnas Malaysia Panggil 11 Pemain Naturalisasi Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mayoritas Main di Liga Lokal – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Malaysia telah mengumumkan daftar pemain yang dipanggil untuk bermain di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menariknya, ada 11 pemain naturalisasi yang dimasukkan pelatih Kim Pan-gon.

Seperti diketahui, Timnas Malaysia akan menghadapi Kyrgyzstan (16 November) dan Chinese Taipei (21 November) untuk mengawali kiprahnya di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebanyak 25 pemain dipanggil oleh Kim Pan-gon. Hampir setengah dari pemain dalam daftar ini memiliki status dan keturunan yang dinaturalisasi.

Pemain yang dipanggil sebagian besar sudah berlatih bersama Kim Pan-gon saat menggelar pemusatan latihan jelang Piala Merdeka 2023 pada Oktober lalu.

Uniknya, ada lima nama pemain yang comeback bersama Macan Malaya. Mereka adalah Sikh Izhan Nazrel Sikh Azman, Shahrul Saad, Syahmi Safari, Afiq Fazail, dan Mohamadou Sumareh.

Pemain asal Johor Darul Takzim mendominasi daftar ini. Sebab, dari 25 nama tersebut, 11 di antaranya merupakan pemain klub berjuluk Macan Selatan tersebut. Beberapa nama bintangnya antara lain Safawi Rasid hingga Arif Aiman.

Total ada 11 pemain naturalisasi yang dipanggil Timnas Malaysia, sebagian besar bermain di liga lokal alias Liga Malaysia. Tercatat hanya ada tiga pemain asing, yakni Junior Eldstal (Dewa United), Dion Cools (Buriram United), dan Nooa Laine (SJK Seinäjoki).

Hal ini tentu berbeda dengan Timnas Indonesia yang memanggil lima pemain naturalisasi dari 27 nama bernama Shin Tae-yong. Mereka adalah Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama dan Rafael Struick yang semuanya bermain di luar negeri.

Lalu, siapakah pemain naturalisasi dan keturunan Kim Pan Gol yang memperkuat Timnas Malaysia di Putaran Kedua Kualifikasi Zona Asia Piala Dunia 2026? Ini daftarnya.

1. Dion Cools (Buriram United)

2. Junior Eldstal (Dewa Bersatu)

3. Corbin Ong (JDT)

4. Matthew Davies (JDT)

5. Brendan Gan (Selangor)

6.Mohamadou Sumareh (JDT)

7. Stuart Wilkin (Sabah FC)

8. Nooa Laine (SJK Seinäjoki)

9. Paulo Josue (Kuala Lumpur FC)

10. Endridrick dos Santos (JDT)

11. Darren Lok (Sabah FC)