Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di Semifinal SEA Games 2023, Pembuktian Formasi Terbaik Indra Sjafri – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Kamboja pada semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) sore WIB. Laga ini jelas ditunggu karena sarat gengsi bagi kedua tim.

Menghadapi babak semifinal turnamen multi event dua tahunan ini, pelatih timnas Indonesia dipastikan akan menggunakan formasi terbaik, karena selama ini sudah membobol pemain untuk empat pertandingan di fase Grup A. Bisa jadi bisa dikatakan bahwa setiap pertandingan selalu berbeda formasi untuk sebelas pemain pertama.

Ke-20 pemain yang dibawa ke Kamboja itu sudah berpengalaman menjadi pemain utama. Hal ini menunjukkan bahwa Indra Sjafri sangat ingin mendapatkan formasi terbaik yang diinginkannya yang akan digunakan pada pertandingan semifinal dan final.

Para pemain timnas U-22 Indonesia berpose bersama jelang pertandingan Sepak Bola Grup A SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.

Pada laga pertama Grup A melawan Filipina, pelatih asal Sumbar itu memimpin upaya menurunkan formasi pemain yang sudah dilatih selama latihan di Jakarta. Ini bisa dikatakan sebagai eksperimen formatif pertama.

Saat itu, Timnas Garuda Muda turun dengan formasi Ernando Ari (GK), Rio Fahmi, Rizky Ridho, Alfreandra Dewangga, Pratama Arhan, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta dan Jeam Kelly Sroyer. Timnas menang 3-0.

Myanmar adalah lawan berikutnya. Kali ini pelatih menurunkan Ernando Ari (GK) Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Taufany Muslihuddin, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Fajar Fathur Rachman, dan Ramadhan Sananta. Timnas pun menang 5-0.

Saat menghadapi Timor Leste, formasinya adalah Adi Satryo (GK) Komang Teguh Trisnanda, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ilham Rio Fahmi, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman, Witan Sulaeman dan Ramadhan Sananta. Dalam laga ini timnas menang 3-0.

Pelatih Indra Sjafri melakukan cukup banyak perubahan dan mengistirahatkan pemain kunci melawan Kamboja seperti Marselino Ferndinan, Rizky Ridho hingga Ramadhan Sananta. Alhasil, timnas untuk pertama kalinya kebobolan, meski tetap menang 2-1.

Dalam pertandingan itu, sebelas pemain utama yang bermain adalah Adi Satryo (GK), Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Haykal Al Hafiz, Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Irfan Jauhari dan Titan Agung.

Nah, di babak semifinal melawan Vietnam, formasi starting line-up sangat ditunggu-tunggu. Jika melihat laga sebelumnya, pelatih Indra Sjafri akan mengandalkan Ernando Ari untuk posisi penjaga gawang. Dia akan didukung oleh Bagas Kaffa, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho dan Pratama Arhan.