Timnas Indonesia Diambang Sejarah, Bisa ke 16 Besar Piala Asia 2023 Sebelum Lawan Jepang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia nyaris menorehkan sejarah dengan lolos pertama kali ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bahkan, Garuda bisa dipastikan lolos ke fase gugur sebelum menghadapi laga hidup mati. melawan Jepang, Rabu (24/1/2024).

Ini merupakan jarak terdekat Timnas Indonesia untuk mencapai babak 16 besar setelah terhenti di fase grup pada empat edisi sebelumnya pada tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Hasil laga final Grup A Piala Asia 2023 memperbesar peluang Timnas Indonesia melangkah lebih jauh di turnamen bergengsi kawasan Benua Kuning tersebut.

Baca juga: Biodata dan Kekayaan Kiesha Alvaro, Anak Tiri Gunawan Dwi Cahyo yang Kini Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Tuan rumah Qatar diketahui berhasil mengalahkan China 1-0, sedangkan tim debutan Tajikistan berhasil melaju ke babak 16 besar usai menang dramatis 2-1 atas Lebanon, Selasa (23/1/2024) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, China finis di peringkat ketiga Grup A dengan poin tak lebih baik dari Indonesia yang saat ini berada di peringkat kedua klasemen peringkat ketiga terbaik.

Dari tiga pertandingan, China mengumpulkan 2 poin, sedangkan Merah Putih mengumpulkan 3 poin dengan sisa satu pertandingan di Grup D.

Kiper tim nasional Qatar #22 Meshaal Barsham melompat untuk meninju bola saat beknya #16 Boualem Khoukhi dan bek Tiongkok #24 Jiang Shenglong bersaing pada pertandingan terakhir Grup A Piala Asia 2023 antara Qatar vs Tiongkok di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 22 Januari 2024 .Giuseppe CACACE / AFP

Indonesia saat ini menempati posisi runner up peringkat ketiga terbaik dengan raihan 3 poin dan selisih gol -1, memiliki perolehan poin dan rekor gol yang sama dengan Bahrain yang berada di puncak klasemen dengan perolehan poin yang sama.

Bahrain hanya unggul disiplin poin dari Indonesia karena mengoleksi tiga kartu kuning, sedangkan skuad Garuda mengoleksi empat kartu kuning.

Sejauh ini Bahrain dan Indonesia menjadi tim peringkat ketiga yang mengumpulkan 3 poin.

Situasi tersebut membuat tim besutan Shin Tae-yong berpotensi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebelum menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1) pukul 18.30 WIB.

Skenario Timnas Indonesia di 16 Besar Piala Asia 2023

Skenario Kualifikasi Timnas Indonesia tanpa melawan Jepang bisa terwujud jika pada dua laga tim peringkat ketiga dan keempat Grup B dan C yang dimainkan Selasa (23/1/2024) sore WIB ini, salah satunya . yang setidaknya berakhir imbang.

Dari Grup B, Suriah dan India akan saling bertemu pada pukul 18.30 WIB. Suriah di peringkat ketiga dengan 1 poin dan selisih gol -1, sedangkan India di posisi terbawah dengan 0 poin dan selisih gol -5.

Baca juga: Rizky Ridho Ungkap Ada Kelemahan Saat Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Apa?

Kemudian dari grup C, Palestina yang berada di peringkat ketiga dengan 1 poin dan selisih gol -3, akan bertemu Hong Kong yang berada di peringkat terakhir dengan 0 poin dan selisih gol -3.

Di luar skenario tersebut, Timnas Indonesia masih berpeluang lolos meski menjadi runner-up Grup D dengan catatan mampu mengalahkan raksasa Jepang di final.

Peringkat sementara peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023

Peringkat sementara peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023. [Dok. Wikipedia]
Peringkat sementara peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023. [Dok. Wikipedia]