Timnas Indonesia Berusaha Keluar dari Zona Nyaman Jelang Piala Asia 2023, Latihan Fisik Jadi Kunci Penting – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok mengapresiasi tingginya nilai pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sebagai kunci sukses Indonesia di Piala Asia 2023 yang berlangsung 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Klok meyakini pola latihan yang dilakukan selama berada di Turki hingga 6 Januari 2024 merupakan pendekatan terbaik untuk meningkatkan level performa pribadi dan tim sebelum memasuki pertandingan Piala Asia 2023.

“Hari ini kita latihan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, kita lakukan lari fisik, kita lakukan lompat, semua latihan fisik, untuk satu atau dua minggu ini, agar kondisi fisik kita terus membaik sebelum memulai taktik,” ujarnya. . . Klok pada latihan hari ketiga di Turki, di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, Antalya, Turki, Sabtu (23/12).

Dua pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama, mengikuti latihan hari ketiga pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, jelang Piala Asia 2023. (ANTARA/Ho/PSSI)

Klok menegaskan, persiapan mental menghadapi Piala Asia sangat penting, namun ia juga menyadari bahwa kompetisi di level Asia memerlukan persiapan fisik yang optimal.

“Secara mental (berlaga di Piala Asia), tapi secara fisik akan sangat berbeda di level Asia, saya juga harus memberikan yang maksimal untuk membawanya ke level baru nanti, dan dua minggu, tiga minggu ini, itu adalah sangat penting bagi saya dan seluruh tim untuk keluar dari zona nyaman,” tambah Klok.

Meski terik matahari menyinari arena latihan, suhu dingin sekitar 14 derajat Celcius masih menjadi tantangan.

Klok mengaku tetap dalam kondisi fisik prima dan menikmati semua jenis latihan yang diberikan.

“Situasinya sangat baik, bugar, sehat, bahagia, bersyukur saya ada di sini bersama teman-teman. Latihannya sangat sulit, kami membutuhkannya untuk Piala Asia nanti. “Secara fisik harus ditingkatkan dan sejauh ini latihannya sangat bagus, saya rasa semua sudah beradaptasi dengan baik,” ujar pesepakbola yang berposisi sebagai gelandang itu.

Selama di Antalya, Turki, selain latihan, tim Garuda juga menghadapi dua laga uji coba melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024.

Setelah itu, Indonesia akan melanjutkan perjalanan ke Qatar dan menjalani tes terakhir melawan Iran pada 9 Januari 2024.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Iran, dan Vietnam.

Tim besutan pelatih Shin Tae-yong akan mengawali perjuangannya dengan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 15 Januari 2024 pukul 21.30 WIB.