Tim favorit juara Liga Europa 2024/25

by

Liga Europa mungkin tidak memiliki prestise seperti saudaranya yang lebih glamor tetapi liga ini secara rutin menjadi tuan rumah bagi beberapa klub papan atas Eropa.

Pada Liga Europa musim lalu, klub-klub seperti Liverpool, Bayer Leverkusen, Roma dan sang juara akhirnya Atalanta semuanya ikut ambil bagian, dan beberapa klub besar benua itu akan tampil dalam kompetisi tersebut untuk musim kompetisi 2024/25.

Pemenangnya tidak hanya akan mengamankan trofi Eropa dan dorongan finansial yang besar, tetapi juga menjamin tempat mereka di Liga Champions untuk musim berikutnya. Itu bukan hadiah yang bisa diremehkan dan 36 tim akan bersaing untuk memperebutkannya musim ini.

Ini adalah 90 menit favorit untuk memenangkan tampilan baru Liga Eropa – peringkat.

Youssef El Arabi, Kostas Fortounis, Andreas Ntoi, Stevan Jovetic, Miltiadis Marinakis, Konstantinos Tzolakis, Rodinei, Evangelos Marinakis, Andre Horta, Daniel Podence, David Carmo, Jose Luis Mendilibar, Alexandros Paschalakis, Chiquinho, Sotiris Alexandropoulos, Athanasios Papadoudis, Ayoub El Kaabi, Francisco Ortega, Joao Carvalho, Panagiotis Retsos, Vicente Iborra, Apostolos Apostolopoulos, Giorgos Masouras

Olympiacos memenangkan Liga Konferensi 2023/24 / Nicolò Campo/GettyImages

Sebagai tim yang telah membuktikan diri di benua ini, Olympiacos akan berusaha untuk mengalahkan semua rintangan dan mengklaim trofi Eropa lainnya setelah kemenangan mereka di Liga Konferensi musim lalu.

Itu adalah trofi internasional utama pertama dalam sejarah klub dan mengamankan tempat di Liga Europa. Dengan hasrat untuk meraih kesuksesan di Eropa, pelatih berpengalaman Jose Luis Mendilibar akan membidik bintang-bintang setelah memenangkan kompetisi bersama Sevilla pada tahun 2023.

Olympiacos sama sekali bukan favorit untuk kompetisi ini, tetapi kemenangan mereka di Conference League menunjukkan kualitas mereka. Tim Yunani itu mengalahkan Aston Villa, Fiorentina, dan Fenerbahce dalam perjalanan menuju trofi setelah tersingkir dari babak penyisihan grup Liga Europa 2023/24.

Manuel Lazzari dari SS Lazio merayakan gol 3-1 selama...

Lazio kehilangan sejumlah pemain kunci / Insidefoto/GettyImages

Musim 2023/24 merupakan musim yang penuh gejolak bagi Lazio, tetapi mereka masih berhasil lolos ke Liga Europa dengan finis di posisi ketujuh Serie A. Performa liga mereka mengecewakan, tetapi mereka berhasil mencapai semifinal Coppa Italia dan Liga Champions babak 16 besar.

Mereka telah kehilangan sejumlah pemain penting selama bursa transfer musim panas, termasuk Ciro Immobile, Felipe Anderson, dan Luis Alberto, tetapi pengangkatan manajer Marco Baroni dan gelombang kedatangan pemain baru akan mengangkat semangat di Roma.

Rekor Lazio di Eropa masih jauh dari kata memuaskan, tetapi di atas kertas, mereka adalah salah satu tim terkuat di kompetisi ini.

Nico Gonzales

Porto punya silsilah Eropa / Diogo Cardoso/GettyImages

Klub langganan Liga Champions, Porto, harus puas dengan satu tempat di Liga Europa pada 2024/25 setelah penampilan yang mengecewakan di Primeira Liga. Mereka tidak dapat bersaing dengan Benfica dan juara Sporting CP di liga, meskipun mereka berhasil mengklaim Taca de Portugal.

Namun, mereka tampil mengagumkan di Liga Champions. Porto lolos ke babak 16 besar dan dikalahkan tipis oleh raksasa Liga Primer Arsenal melalui adu penalti.

Mirip dengan Lazio, mereka telah kehilangan beberapa anggota skuad penting, dengan Pepe yang pensiun dan penyerang bintang Evanilson yang pindah ke Bournemouth. Namun, perekrutan Fabio Vieira dari Arsenal dengan status pinjaman dan akuisisi striker berperingkat tinggi Samu Omorodion dapat membantu Porto meraih kejayaan di Liga Europa.

Takefusa Kubo

Real Sociedad berada di Liga Champions musim lalu / Quality Sport Images/GettyImages

Real Sociedad adalah tim lain yang berhasil mencapai babak gugur Liga Champions 2023/24. Tim La Liga itu memuncaki grup mereka, mengungguli Benfica dan finalis 2022/23 Inter, tetapi dikalahkan oleh tim bertabur bintang Paris Saint-Germain di babak 16 besar.

Kepergian Robin Le Normand dan Mikel Merino tidak diragukan lagi membuat Sociedad semakin lemah tetapi mereka berhasil mempertahankan sejumlah pemain penting di tempat lain, terutama Martin Zubimendi di tengah minat dari Liverpool, Arsenal, dan Barcelona.

Setelah finis di posisi keenam di La Liga musim lalu, klub San Sebastian akan menjadi salah satu favorit untuk mencapai babak akhir.

Oihan Sancet

Klub Basque memenangkan Copa del Rey musim lalu / Diego Souto/GettyImages

Saingan Real Sociedad dari Basque, Athletic Club, juga termasuk di antara tim terkuat di kompetisi ini, didukung oleh kemenangan bersejarah mereka di Copa del Rey pada 2023/24. Di bawah Ernesto Valverde, mereka terbukti menjadi tim yang sulit ditaklukkan.

Klub ini belum pernah memenangkan trofi Eropa dan akan berusaha keras untuk melakukannya musim ini mengingat beberapa tim mengesankan yang akan mereka hadapi, tetapi hanya Real Madrid yang kebobolan lebih sedikit gol daripada mereka di La Liga musim lalu.

Mereka merupakan tim yang tangguh untuk ditembus dan memiliki pemain seperti Nico Williams, Inaki Williams, dan Oihan Sancet di sepertiga akhir.

Daniele De Rossi pelatih AS Roma memberi isyarat selama Serie...

Roma berkembang pesat di bawah asuhan Daniele De Rossi / Insidefoto/GettyImages

Kepergian Jose Mourinho pada musim lalu membantu Roma bangkit, dengan legenda klub Daniele De Rossi yang membawa klub maju setelah menggantikan pelatih asal Portugal yang kontroversial itu. Pelatih yang belum berpengalaman itu mengubah klub saat ia datang dan membantu mereka lolos ke Liga Europa musim ini dengan finis di posisi keenam Serie A.

Ia juga membawa mereka ke semifinal Liga Europa, di mana mereka kurang beruntung karena harus berhadapan dengan tim Bayer Leverkusen yang tangguh. Mereka menyingkirkan Feyenoord asuhan Arne Slot, klub Liga Primer Brighton & Hove Albion, dan rival Italia Milan dalam perjalanan menuju empat besar.

Roma telah mendatangkan sejumlah pemain yang mengesankan untuk musim 2024/25, terutama mantan penyerang tajam Girona Artem Dovbyk. Matias Soule dan Enzo Le Fee adalah beberapa pemain yang bisa membawa Roma mencapai final kompetisi Eropa lainnya setelah dua kali melakukannya di bawah asuhan Mourinho.

FBL-ENG-PR-TOTTENHAM-EVERTON

Bisakah Spurs mengakhiri penantian mereka untuk meraih trofi? / HENRY NICHOLLS/GettyImages

TottenhamPenantian panjang untuk meraih trofi – domestik dan Eropa – berlanjut pada 2023/24 selama musim pertama Ange Postecoglou memimpin. Namun, transformasi positif di bawah pelatih asal Australia itu tentu saja telah membawa mereka semakin dekat untuk mengakhiri paceklik trofi.

Meski Spurs kecewa karena gagal lolos ke Liga Champions musim lalu, hal itu bisa jadi berkah tersembunyi. Liga Europa memberi mereka kesempatan nyata untuk memenangi kompetisi Eropa, sesuatu yang belum pernah mereka menangkan sejak 1984.

Berjuang di Liga Primer dan Eropa mungkin terbukti sulit, tetapi pendekatan Spurs yang penuh semangat dapat melumpuhkan tim-tim yang lebih lemah di benua itu. Mereka memiliki banyak pemain yang mampu membawa mereka meraih kemenangan.

Joshua Zirkzee, Marcus Rashford

Man Utd lolos ke kompetisi setelah memenangkan Piala FA / Michael Regan/GettyImages

Manchester United telah menghabiskan lebih banyak musim daripada yang mereka inginkan di Liga Europa selama dekade terakhir, memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 2017 dan mencapai final pada tahun 2021. Berkat kemenangan mereka di Piala FA musim lalu, mereka akan berkompetisi di sana lagi pada tahun 2024/25.

Dan mereka akan dianggap sebagai favorit banyak orang untuk meraih gelar juara mengingat kedalaman skuad mereka yang mengesankan, banyaknya bintang, dan perekrutan pemain mahal di musim panas. Meskipun mereka tidak menikmati musim yang menyenangkan di liga musim lalu, mereka sebagian besar telah menjadi pesaing yang sukses di liga di bawah Erik ten Hag (kecuali Liga Champions musim lalu).

Setan Merah memiliki silsilah Eropa yang mendorong mereka melampaui Tottenham dalam daftar favorit kami.

BACA BERITA TERBARU, PRATINJAU & PERINGKAT LIGA EUROPA DI SINI