Termasuk Pratama Arhan, 4 Pemain Indonesia yang Kariernya Singkat di Liga Jepang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain Indonesia yang pernah berkarier di Liga Jepang memang belum pernah merasakan kesuksesan besar. Karir mereka juga semakin pendek.

Level sepak bola Jepang yang sudah sangat maju tidak mampu membiarkan para pemain yang punya kesempatan bermain di sana bisa bertahan lama dan berkompetisi.

Lantas, siapa saja pemain Indonesia yang memiliki karir singkat di Liga Jepang?

1. Pratama Arhan

Bek kiri Timnas Indonesia ini menjadi pemain Indonesia terkini yang memiliki karir singkat di Liga Jepang. Ia resmi meninggalkan Tokyo Verdy, klub J2 League, setelah kontraknya habis pada Desember 2023.

Sebelumnya, Pratama Arhan terikat kontrak berdurasi dua tahun dengan Tokyo Verdy mulai awal 2022. Namun, selama dua musim di sana, Arhan kesulitan mendapatkan menit bermain.

Pemain berusia 21 tahun itu baru memainkan empat pertandingan kompetitif. Rinciannya, ia bermain dua kali di J2 League dan dua kali di Piala Kaisar.

2. Ricky Jacobi

Melihat ke belakang, Ricky Yacobi menjadi orang Indonesia pertama yang menginjakkan kaki di Liga Jepang saat bergabung dengan Matsushita pada tahun 1988 yang kemudian menjadi Gamba Osaka pada tahun 1991.

Selama bermain untuk Matsushita di Liga Jepang, Ricky Yacobi kesulitan untuk tampil terbaik, hanya menyumbang satu gol dari enam penampilan.

3. Stefano Lilipaly

Petualangan pertama Stefano Lilipaly di sepakbola Asia dimulai dengan bermain untuk Consadole Sapporo pada tahun 2014 setelah didatangkan dari Almere City.

Namun hanya bertahan satu musim di Jepang, Lilipaly kembali ke Indonesia membela Persija Jakarta. Bersama Sapporo, Lilipaly hanya tampil dalam satu pertandingan.

4.Irfan Bachdim

Irfan Bachdim direkrut Ventforet Kofu pada tahun 2014. Namun, pemain naturalisasi Indonesia itu hanya bertahan satu musim, tampil dua kali di J1 League.

Setelah Kofu, Bachdim pindah ke Consadole Sapporo pada tahun 2015. Di sini, Bachdim tampil cukup baik dengan total 10 pertandingan dalam dua musim dan mencetak satu assist.

Kontributor: Aditia Rizki