Terkuak! Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Hampir Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Ini yang Bikin Gagal – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ada cerita miris atas kegagalan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Jay dan Nathan merupakan dua pemain generasi yang sedang menjalani proses naturalisasi. Keduanya diharapkan bisa masuk dalam skuad Garuda untuk Piala Asia 2023 sebelum peluang akhirnya tertutup.

Menurut anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, Jay Idzes, dan Nathan sebenarnya sudah selangkah lebih dekat untuk bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Namun peluang tersebut disia-siakan karena kedua pemain tersebut disibukkan dengan jadwal padat bersama tim masing-masing sehingga tidak bisa diambil sumpahnya sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Sumpah Kewarganegaraan Indonesia merupakan proses akhir seseorang menjalani naturalisasi. Setelah itu, mereka hanya perlu mendapatkan paspor Indonesia dan KTP.

Exco PSSI, Arya Sinulingga, saat menghadiri diskusi “Down Drink” yang digelar PSSI Press dengan tema ‘Naturalisasi Pemain, Reduksi atau Motivasi’ di Media Center Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (21/12). ). ). [Dok. PSSI Pers]

“Sumpah saja (menjadi WNI),” kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

“Ini masalahnya, mereka tidak bisa datang ke Indonesia karena masih bertanding. Tinggal sumpah saja,” lanjutnya.

Situasi tersebut membuat Jay dan Nathan dipastikan gagal membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Pasalnya, pelatih Shin Tae-yong sudah mengumumkan nama-nama pemain yang mengikuti pemusatan latihan (TC) atau pemusatan latihan di Turki.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memanggil 30 pemain meski hanya tersedia 28 pemain, dua nama yakni Rachmat Irianto dan Yance Sayuri harus absen karena cedera.

Skuat Garuda sudah berangkat ke Türkiye sejak 20 Desember. Dari 28 pemain, hanya 26 yang akan dibawa pembuat formasi asal Korea Selatan ke Piala Asia 2023.

Setiap tim di Piala Asia 2023 hanya boleh mendaftarkan 23 pemain, namun Shin Tae-yong mengatakan tiga pemain lainnya akan berstatus cadangan jika pemain kuncinya cedera.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Mereka akan menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.