Terbang ke Irak Lalu Filipina, Timnas Indonesia Kok Main Tandang Terus? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia harus melakoni dua laga tandang berturut-turut pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November mendatang.

Situasi tersebut turut dibicarakan oleh jajaran pelatih Timnas Indonesia, dalam hal ini Nova Arianto. Asisten Shin Tae-yong menegaskan skuad Garuda tidak keberatan.

Timnas Indonesia akan mengawali babak kedua dengan bertandang ke markas Irak pada hari laga pertama Grup F di Basra International Stadium pada 16 November.

Sedangkan pada laga hari kedua Grup F, Timnas Indonesia akan langsung bertandang ke markas Filipina pada 21 November alias lima hari setelah menghadapi Irak.

Jadwal tersebut jelas merugikan Timnas Indonesia. Namun perubahan jadwal tersebut ternyata sudah diketahui sejak lama oleh staf pelatih.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Laga melawan Filipina sebenarnya akan berlangsung di Indonesia, namun dijadikan laga tandang karena beberapa stadion di Tanah Air digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

“Sebenarnya sudah dipersiapkan dari awal, tapi mungkin sekarang baru terdengar di media,” kata Nova Arianto saat menghadiri kompetisi Media Cup 2023, Jumat (27/10/2023).

“Sebenarnya kami sudah berdiskusi dengan staf pelatih. Saya kira tidak ada masalah bagi pemain asal Irak yang akan langsung berangkat ke Filipina, tambahnya.

Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Filipina, dan Vietnam. Garuda menjadi tim dengan peringkat terbawah di grup.