Susah Payah Singkirkan Iran, Qatar Tantang Yordania di Final – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Juara bertahan Qatar sukses melaju ke final Piala Asia 2023 usai mengalahkan Iran di babak semifinal, Rabu (7/2/2024). Pada laga yang digelar di Stadion Al Thumama, Qatar menang dengan skor tipis 3-2.

Dengan kemenangan ini, Qatar akan menghadapi Yordania di final. Jordan melaju ke final usai mengalahkan Korea Selatan 2-0 pada Selasa (6/2/2024).

Final Piala Asia 2023 antara Yordania vs Qatar akan digelar di Stadion Lusail, Sabtu (10/2/2024).

Pertandingan Perjalanan

Mengambil inisiatif menyerang lebih dulu, melalui bola pendek Iran mencoba memberikan tekanan kepada Qatar. Upaya tersebut tak sia-sia, mereka berhasil membobol pertahanan sang juara bertahan pada menit keempat.

Gol tersebut bermula dari sapuan kurang sempurna Pedro Miguel saat hendak menghalau sundulan Saeid Ezatolahi. Azmoun yang berdiri tak terkawal membalikkan badan dan melepaskan tendangan salto yang mendarat di sisi kiri gawang Qatar yang dijaga Meshaal Barsham. Iran memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Qatar mencoba membalas. Sukses menguasai lini tengah, tim besutan Marquez Lopez itu akhirnya berhasil menyeimbangkan papan skor.

Jassem Gaber yang mengubah kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-17 usai meneruskan bola dari Akram Afif.

Perlahan tapi pasti, Qatar mulai mendominasi penguasaan bola. Lewat umpan-umpan pendek, serangan yang dibangun beberapa kali membuat pertahanan Iran kocar-kacir.

Memasuki menit ke-34, Qatar berhasil mengubah keadaan. Akram Afif mencetak gol indah untuk menyamakan kedudukan 1-2 hingga turun minum.

Baru tiga menit memasuki babak kedua, Iran mendapat peluang emas. Wasit menunjuk titik penalti setelah melakukan Var check dan memberikan kartu kuning kepada gelandang Qatar Ahmed Fatehi.

Alireza Jahanbakhsh yang turun menjadi algojo tak menyia-nyiakan peluang tersebut dan mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Dengan kedudukan yang imbang, para pemain Iran semakin percaya diri menggempur pertahanan Qatar. Banyak peluang yang didapat, namun pemain Qatar berhasil membelokkan bola berkali-kali di depan gawang.

Asyik menyerang, Iran kembali kebobolan di menit 82. Berdiri bebas tak terkawal di depan gawang, Almoez Ali mengubah skor menjadi 2-3.

Pada menit 90+3, Iran harus bermain dengan 10 pemain setelah Shojae Khalilzadeh mendapat kartu merah karena melanggar Akram Afif.

Minus satu pemain, Iran tak berkecil hati. Di sisa waktu, mereka semakin agresif menggempur pertahanan Qatar.

Namun, hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, skor tetap tidak berubah yakni 2-3 untuk kemenangan Qatar. Qatar melaju ke final dan berpeluang mempertahankan gelar juara Piala Asia.

Berbaris

Iran: Beiranvand, Rezaeian, Kanani, Khalilzadeh, Hajisafi; Ezatolahi, Ebrahimi, Ghoddos, Jahanbakhsh, Taremi, Azmoun.

Pelatih: Amir Ghalenoei.

Qatar: Barsham, Pedro Miguel, Almahdi Ali, Lucas Mendes; Waad, Fathy, Gaber, Homam Ahmed, Abdurisag, Akram Afif, Almoez Ali.

Pelatih: Tintin Marquez Lopez.