Solo Dipastikan Siap Gelar Piala Dunia U-17 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan Kota Solo siap jika ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 2023.

“Solo siap karena sebelumnya Stadion Manahan disiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023, jadi semua fasilitas standar FIFA, tapi batal,” kata Gibran di Solo, Sabtu (24/6/2023).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bersama Hercules di Balai Kota Solo. (Pahami.id/Ari Welianto)

Menurut Gibran, Stadion Manahan Solo akan disiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, namun masih menunggu instruksi dari Ketua PSSI Erick Thohir.

“Saya sudah koordinasi dengan beliau (Ketum PSSI), pada Jumat malam (23/6/2023), terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17,” kata Gibran seperti dilansir ANTARA.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat melakukan kunjungan kerja ke Stadion Manahan Solo Provinsi Jawa Tengah, juga menyatakan stadion yang ditunjuk sebagai salah satu tempat menggelar pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 itu sudah sangat siap.

Dewan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 melalui pernyataan resmi FIFA yang dikeluarkan pada Jumat malam (23/6).

Keputusan itu dikeluarkan bersamaan dengan pengumuman FIFA bahwa Amerika Serikat (AS) akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025 menggunakan format baru 32 tim.

Dewan FIFA juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U-20 2024, Republik Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal FIFA 2024. .Setiap kompetisi akan dikonfirmasi dalam waktu dekat.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dirinya bersyukur FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada Tuhan karena Dewan FIFA membuat keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini adalah bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, ” dia berkata.

Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada pertemuan Dewan FIFA yang diadakan di Markas Besar FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA telah menjadwalkan Piala Dunia FIFA U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Meski begitu, Erick menyebut pihaknya belum menerima surat pemberitahuan resmi.

“Ini baru pengumuman FIFA di pertemuan Dewan FIFA Jumat malam di Zurich. Sekarang yang terpenting adalah bagaimana Indonesia mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik,” kata Erick.