Siarkan Langsung Uji Coba Timnas Indonesia vs Libya, PSSI Blunder? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Persiapan timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 terus dilakukan. Selain menjalani pemusatan latihan *TC) di Antalya, Turki, skuad Garuda juga dijadwalkan mengikuti laga uji coba.

Tim besutan Shin Tae-yong akan memainkan dua laga persahabatan melawan Libya di Turki. Laga ini rencananya akan berlangsung pada 2 dan 5 Januari 2024.

Namun, ada satu hal yang mengganggu kami jelang laga ini. Laga persahabatan tersebut akan disiarkan langsung di stasiun televisi nasional.

Keputusan PSSI memberikan hak siar dua laga melawan Libya di atas kertas bisa merugikan timnas Indonesia sendiri.

Pasalnya, dengan tayangan langsung tersebut, lawan Timnas Indonesia akan mendapat informasi terkini untuk menganalisa kelebihan dan kelemahan skuad Garuda jelang Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin sesi latihan di TC di Antalya, Qatar. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia dikenal sebagai tim underdog di Piala Asia 2023. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tergabung di grup sulit yakni Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Di atas kertas, Timnas Indonesia tergabung di Grup D dengan peringkat FIFA terendah 146. Sementara tiga tim lainnya berada di peringkat 100 besar.

Faktanya, Jepang adalah tim terbaik di Asia saat ini. Mereka berada di peringkat 17 dunia, disusul Irak di peringkat 64, dan Vietnam di peringkat 94.

Melihat lawan berat yang akan mereka hadapi, Timnas Indonesia perlu melakukan persiapan matang ke depan, termasuk meliput secara dekat informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mereka.

Pelatih senior Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Turkiye (pssi.org)
Pelatih senior Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Turkiye (pssi.org)

Namun, dengan dua pertandingan melawan Libya yang akan disiarkan langsung, upaya Shin Tae-yong untuk menyembunyikan strateginya untuk Piala Asia 2023 mungkin terancam terbongkar.

Selain menghadapi dua laga melawan Libya, Indonesia juga dijadwalkan melakoni laga uji coba tambahan melawan Iran. Pertandingan akan berlangsung di Doha pada 9 Januari.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen besar antar negara Asia ini rencananya akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.